ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

La Eru Ugi(1*),

(1) SMPN 2 Tanta toraja
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2450

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses berpikir, mengetahui penyebab terjadinya kesalahan, dan mengetahui alternatif pemecahan yang baik untuk memperbiki kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SDN 1 Katobengke Kota Baubau. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini didahului proses reduksi data disusul dengan penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses berpikir siswa yaitu pemilihan urutan pengerjaan soal operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian; (2) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yaitu tingkatan operasi hitung, mengoperasikan, dan langkah-langkah; dan (3) alternatif pemecahan yang dinilai baik yaitu kesalahan tingkatan operasi hitung adalah memberikan pemahaman bahwa tingkatan dalam proses menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat, kesalahan mengoperasikan adalah menggunakan konsep himpunan yang anggotanya berbentuk manik-manik berupa bulatan setengah lingkaran, dan kesalahan langkah-langkah adalah memberikan pemahaman kepada siswa langkah-langkah pengerjaan soal yang baik.

 

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Operasi Hitung Campuran, Bilangan Bulat.

 


Full Text:

PDF

References


Muhsetyo, G., dkk., 2010 . Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riani, W.S. 2007. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sadiman, A. S dkk., 1996. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahriah, S. Muksar, M. & Lestari, T. E., 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal: Universitas Negeri Malang. Vol. 1, No 1.

Suwarto, 2013. Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahyudin. dkk, 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 5013 times | PDF view : 2248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 La Eru Ugi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

[email protected]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats