PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP KRITIS SISWA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2449
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan sikap kritis sangat diperlukan siswa, terkait dengan kebutuhan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi think talk write terhadap kemampuan berpikir krtitis dan sikap kritis siswa. Dengan melibatkan dua kelas utuh (yang terdiri atas 54 siswa), data dikumpulkan melalui tes dan angket sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menghitung n-gain ternormalisasi dan statistic inferensial dengan uji MANCOVA. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi think talk write meningkat pada kategori sedang. Hasil uji MANCOVA diperoleh nilai probabilitas kemampuan berpikir kritis 0,01 dan sikap kritis <0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05, yang artinya kemampuan berpikir kritis dan sikap kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi think talk write lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pengajaran langsung. Namun, perlakuan ini dianggap kurang berhasil karena tidak mencapai ketuntasan klasikal.
Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, strategi think talk write kemampuan berpikir kritis, sikap kritis.
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Islahuddin. 2008. Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Problem. Thesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Maxribbi, M.G. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Online), http://maxribbi91.wordpress.com/2014/01/07/kemampuan-berpikir-kritis-matematis/, Diakses 15 November 2014).
Sa’dijah. Cholis. 2007. Sikap kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. MIPA dan Pembelajarannnya (Online), Vol 36 No.2 (http://journal.um.ac.id./index.php/mipa/article/view/1332. Diakses tanggal 12 Februari 2015).
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Warsono & Haryanto. 2013. Pembelajaran aktif: teori dan assesmen. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya Offset.
Article Metrics
Abstract view : 654 times | PDF view : 764 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Esterina Nure
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/