ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK MENURUT KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 1 SOPAI KABUPATEN TORAJA UTARA
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2442
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran tematik terpadu menurut kurikulum 2013 di SDN 1 Sopai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dipadukan dengan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru VA dan VB.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama yakni peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu lembar observasi perencanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) subjek penelitian mampu menyusun perencanan pembelajaran dengan maksimal (2) subjek penelitian mampu melaksananakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik dengan maksimal (3) subjek penelitian mampu melaksananakan penilaian pembelajaran menurut kurikulum 2013 dengan maksimal.
Kata kunci : Pengelolaan pembelajaran, pembelajaran tematik, kurikulum 2013
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 654 times | PDF view : 352 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Thin Ratulangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/