EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SETTING KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIMBUANG

Ruben Sonda(1*),

(1) PPs UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2440

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini adalahh efektivitas pembelajaran kooperarif tipe NHT dengan pembelajaran matematika realistik pada materi kesebangunan. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru, respons siswa serta terjadinya peningkatan secara signifikan hasil belajar setelah pelaksanaan pembelajaran. Dari lima indikator pencapaian efektivitas tersebut yang dikaji khusus dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakn di SMP Negeri 1 Simbuang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Ngeri 1 Simbuang semester ganjil tahun pelajaran 2013 /2014 menggunakan teknik pengambilan Sampel adalah claster random sampling dengan rancangan penelitian yaitu. One grup pretest-postest design. Data tentang aktivitas siswa yang berkaitan dengan keterampilan kooperatif serta aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran diperoleh 1 orang pengamat yaitu peneliti sendiri. Pengamat aktivitas tersebut menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran, selain itu mengetahui tingkat hasil belajar siswa digunakan postest. Adapun data  respons siswa yang diberikan dengan menggunakan angket respons siswa yang diberikan kepada akhir kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Data yang dikumpul tersebut di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan, aktivitas siswa,  aktivitas guru dalam mengajar skor  hasil belajar siswa serta respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor hasil belajar setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran matematika realistik. Terdapat peningkatan yang signifikan dan mencapai ketuntasan individual maupun klasikal serta rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan 75,20. (2) aktivitas siswa berada pada batas toleransi (3) aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran kooperatif Tipe NHT dengan pembelajaran realistik pada kelas IX SMP Negeri 1 Simbuang berada pada kategori terlaksana secara keseluruhan. (4) siswa merespons secara postif terhadap pembelajaran rata-rata persentase 3,76. (5) terjadi peningkatan secara signifikan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran realistik pada materi kesebangunan. Dari hasil penelitian ini secara umum disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran realistik pada materi kesebangunan di kelas IX SMP Negeri 1 Simbuang dikategorikan pembelajaran yang efektif.

Kata kunci: Pembelajaran matematika realisitik


Full Text:

PDF

References


Agus Noviana Ria 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pemecahan Masalah dan Pendekatan RME Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. http://eprints.uns.ac.id/9089/1/149731708201011441.pdf (diakses pada Tanggal, 5-12-2013)

Ardin. 2013. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe NHT pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Fathurrohman, Pupuh dan sutikno sobry. 2007. Strategi belajar mengajar. Bandung: Retika Adifana.

Hadis Abdul.2006. psikologi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hasmiati. 2013. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Setting Kooperatif Tipe TEAM dan Tipe TGT Materi Volume Bangun Ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Mohamad.Nurdin. 2013. Belajar dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif dan menarik. Jakarta: Bumi aksara.

Prasetyo, Bambang, dan Jannah miftahul, Lina. 2008. Metode penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratama Niko. 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun ruang pada anak tunagrahita ringan.http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/1463/1274 (diakses pada tanggal, 11-12-2013)

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2010. Media pengajaran. Bandung: sinar baru Algensindo

Sukino, dan Wilson Simangunsong.2007. matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Suryosubroto.2009. efektivitas Pembelajaran matematika. http://tips-belajarinternet.blogspot.com/2009/08/efektivitaspembelajaranmatematika.htm)

sutikno, (http://www.infogue.com)

Uno B. Hamzah, 2010. Mengelolah kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 1478 times | PDF view : 1067 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ruben Sonda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats