The Effectiveness Of The Implementation Of Experiences Framework, Language, Pictures, Symbols, And Application (ELPSA) Cooperative Setting Of Students Teams Achievemet Division (STAD) Type In Mathematics Subjects On Set Material Of Grade VII at SMPN 29 In Bulukumba
(1) SMP Negeri 29 Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v8i1.13322
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 1994. Pengelolaan pengajaran. Ujung Pandang. CV. Bintang Selatan.
Ardin. 2015. Keefektifan Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga siswa Kelas X SMAN 1 Kulisusu. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNM
Arends, Richard I. (2008) Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. (Penterjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aziz, Abdullah. 2007. Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Dimyanti & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. PT. Refika Aditama.
Gravemeijer. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Feudhenthal Institute : Utrecht
Gravemeijer. 2010. Creating opportunities for students to reinvent mathematics. Netherlands. Freudenthal Institute and Department of Educational Research, Utrecht University.
Haling. Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Hasanuddin. 2010 . Keefektifan model pembelajaran berdasarkan teori konstruktivisme pada pembelajaran matematika d SMPN 15 makassar. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNM
Hasmiati. 2013. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan setting Kooperatif tipe TEAM dan tipe TGT materi volume bangun ruang pada kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis tidak diterbitkan . Makassar : PPs UNM.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperatif Learning. Cetakan II. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malanga: ikip malang.
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset.
Jihad, Asep.Haris, Abdul. 2012. EvaluasiPembelajaran. Jakarta : Multi Pressindo.
Keswara, R. 2013. Pembelajaran Matematika di Indonesia Masuk Peringkat Rendah (online).(http://nasional.sindonews.com/read/804091/15/pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047).(diakses tanggal 5 November 2015).
Lowrie & Patahuddin. 2015. ELPSA-Kerangka Kerja Pengembangan Pembelajaran Matematika. Australia Government. Departement of Foreign Affairs and Trade.
Muhfidah. 2008. Model-model Pembelajaran. (Online).(Http//www.muhfidah.com). Diakses tanggal 20 November 2015.
Nuharini, Dewi, dk. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTs Kelas VII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasiona. Jakarta
Nur, M. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya.UNESA
Nur Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Padmono. 2002. Evaluasi dan Pengajaran. Surakarta: FKIP UNS.
Raehana, Sitti. 2013. Pengaruh Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, Iklim Keluarga, dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri di Kota Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Univeristas Negeri Makassar.
Rahmawati, N. 2012. Tingkat Prestasi Dan Efikasi Diri Siswa Ditinjau dari Penerapan Program Imersi. Yogyakarta: Tesis Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Risal, Nur Alam. 2009. Efektifitas Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik. Makassar: Skripsi FMIPA UNM.
Ruseffendi, E.T. 1998. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sagala, Syaiful, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV ALFABETA
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Slamet, dkk. 2001. Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Depdiknas, Direjen pendidikan dasar dan menengah dierktorat SLTP.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Preana Media Group
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice 2nd Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Slavin, R. 2010. Cooperative Learning: Theory, Research ang Practice. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional
Soffa, Muhammad. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tipe STAD di SMA Muhammadiyah I Nganjuk tahun 2008/2009. (http://muchammadsoffa1.blogspot.com/2009_05_01_archive.html. (diakses tanggal 3 November 2015).
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bumi aksara
Sudjanna, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2011. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung JIC. UPI.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2006. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tiro, M A, Arbianingsih. 2011. Teknik Pengambilan Sampel. Makassar: Andira Publisher.
Tiro Muhammad Arif, 2007. Dasar-Dasar Statistika. Edisi kedelapan. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Trianto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.
Uno, Hamzah. B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Usman, M.U dan Setiawati. 2001. Upaya optimalisasi Kegiatan Belajar mengajar. Bandung : Rosdikarya
Wijaya,A. 2014. Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Picture, Symbols, Application. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Article Metrics
Abstract view : 245 times | PDF view : 52 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dwinto Reskiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/