PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMA NEGERI 1 TORAJA UTARA
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v3i2.36255
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angin, T.B.B. 2020. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan. Jurnal Education And Development, 8(1).
Anitah, S. 2019. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ardiana, D. P. Y, dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Citraningrum, D. M. 2016. Menulis Puisi dengan Teknik Pembelajaran yang Kreatif. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Jaswandi, J. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 81-84.
Julaeha, S. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(02).
Lazuardi, D. R., dan Murti, S. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal KiBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 2(1), 87-95.
Mulyo, S, dkk. 2019. Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Field Trip pada Peserta Didik Kelas IX SMP Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2).
Sardila, V. 2015. Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40(2).
Wikanengsih, W. 2013. Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).
Article Metrics
Abstract view : 147 times | PDF view : 49 timesCopyright (c) 2022 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: [email protected]
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License