Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1.Naskah yang dikirim ke Jurnal INDONESIA harus didasarkan pada temuan penelitian yang terkait pengajaran bahasa Indonesia, kebahasaan, dan sastra Indonesia (Studi lapangan atau kepustakaan).

2. Naskah diketik dalam Bahasa Indonesia

3. Penulis tidak diperbolehkan mengirim artikel yang sama ke media lain selama proses berlangsung, kecuali penulis telah menarik artikel tersebut dan terdapat pemberitahuan tertulis dari editor

4. Dokumen diketik menggunakan Microsoft Words (doc/docx) dengan format berikut: Calibri, font skala lanjutan 100, spasi terkondensasi 0,3 pt., dan  posisi normal dalam kertas A4 dengan ruang 2,5 cm kiri dan kanan, serta 3 cm untuk atas dan bawah.

5.Teks naskah menggunakan spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada tempat yang sesuai, bukan di akhir.

6. Jumlah halaman dari naskah yang dikirim adalah 12-16 termasuk referensi dan tabel.

7. Sistematika naskah terdiri dari: judul, nama penulis, afiliasi penulis, dan alamat afiliasi penulis, email penulis utama, DOI (disediakan oleh editor), abstrak dan kata kunci, pengantar, metode, temuan penelitian dan diskusi, kesimpulan, dan referensi

8. Judul, abstrak, dan kata kunci ditulis dalam satu kolom, sementara yang lain ditulis dalam dua kolom. Abstrak ditulis dalam dua kolom dengan ketentuan lebar 7 cm di setiap kolom dan jarak setiap kolom adalah 1 cm

9. Artikel disusun sebagai berikut:

-Judul Naskah: Judul ditulis tidak lebih dari 12 kata dengan huruf kapital, tengah, dan ukuran huruf 14.  Judul artikel, judul bab, dan judul sub-bab ditulis dengan huruf tebal.

-Nama dan Alamat Penulis: nama lengkap harus ditulis di bawah judul, tanpa menyebutkan gelar akademis atau posisi pekerjaan. alamat institusi, nomor telepon, dan alamat email penulis ditulis di bawah nama penulis;

-Abstrak: Format abstrak adalah pengantar, metode, hasil, dan diskusi, yang ditulis secara ringkas. Abstrak terdiri dari 100–150 kata, dan ditulis dalam paragraf tanpa referensi dan kutipan. Bagian terakhir dari abstrak berisi kata kunci yang mencerminkan konsep artikel dan membantu meningkatkan aksesibilitas artikel, serta untuk persiapan indeks. Kata kunci yang ditulis berjumlah 3 – 5 yang mewakili konsep utama artikel.

-Pendahuluan: Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, menjelaskan fenomena aktual dari masalah yang dipelajari dalam artikel, didukung oleh referensi dan studi sebelumnya yang telah dilakukan secara individual atau dalam kelompok. Pendahuluan berisi masalah (satu masalah terfokus lebih baik), tujuan penelitian, signifikansi penelitian, dan teori yang digunakan untuk memecahkan masalah. Pendahuluan harus 15–20 % dari jumlah naskah. Setiap sumber yang digunakan dalam artikel semua harus dikutip dalam daftar pustaka.

-Metode Penelitian: Metode penelitian berisi penjelasan tentang metode yang digunakan oleh para peneliti untuk menghasilkan temuan.  Metode juga berisi pendekatan dan metode penelitian, sumber data / populasi dan sampel, teknik pengambilan sampel, metode instrumentasi dan pengumpulan data, dan teknik analisis data. Panjang bagian metode berkisar 10—15 % dari panjang naskah.

-Hasil dan Pembahasan: disajikan dalam bentuk sub-bab tidak lebih dari tiga tingkat tanpa menggunakan penomoran. Menampilkan dan menjelaskan analisis utama secara langsung untuk menjawab masalah penelitian dan tujuan penelitian; Tabel, grafik, gambar, dan / atau foto (jika ada) semuanya harus diberi nomor, judul, dan dicatat bersama dengan referensi teks. Tabel dan gambar harus mempresentasikan hasil penelitian. Tabel dan gambar disajikan tidak lebih dari satu halaman. Gambar diberi nomor sesuai dengan penampilan dalam teks, jumlah tabel dan gambar maksimal 5 buah. Gambar yang membutuhkan lebih dari setengah halaman harus ditempatkan pada halaman terpisah. Jika bentuk gambar adalah orang yang dapat dikenali atau ilustrasi yang telah diterbitkan, maka harus disertai dengan izin tertulis. Gambar, tabel, dan grafik harus diletakkan menggunakan spasi 1 dengan teks terkait.

- Simpulan: simpulan harus menjawab masalah dan tujuan penelitian. Kesimpulan tidak dalam bentuk ringkasan dan bukan pengulangan temuan

-Referensi: Referensi yang digunakan harus mencakup publikasi terbaru (80% dari studi asli, hasil penelitian, gagasan, dan teori atau konsep maksimal dalam dekade terakhir, kecuali untuk referensi klasik sebagai data historis). Sumber utama dari referensi, yaitu artikel jurnal dan laporan penelitian termasuk tesis sarjana, tesis master, dan disertasi sangat diperlukan.

-Seluruh kutipan, referensi, tabel, gambar, ilustrasi dan penulisan daftar rujukan merujuk pada publikasi Manual dari American Psychological Association (edisi ke-7) dan Panduan Gaya APA untuk Referensi Elektronik. penulis dapat mengunjungi (http://www.apastyle.org) untuk melihat contoh gaya referensi. Untuk nama majalah atau jurnal dalam daftar pustaka, penulis mengikuti Daftar Jurnal yang Diindeks dalam Indeks Medicus. Anda dapat menggunakan perangkat lunak manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Materi naskah yang diserahkan ke editor INDONESIA telah memenuhi kebijakan penerbitan yang berlaku

  2. Naskah bebas dari plagiarisme

  3. Materi naskah ini belum pernah dipublikasikan dan penulis tidak pernah memberikan hak cipta kepada artikel tersebut kepada siapa pun

  4. Bersedia tidak akan menarik artikel selama dalam proses ulasan atau sebelum mendapat keputusan ditolak oleh editor.
 

Copyright Notice

1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara simultan yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini, termasuk kompilasi atau publikasi independen, dalam segala bentuk media saat ini atau di masa mendatang, termasuk semua media elektronik dan digital, di bawah perlindungan hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan Negara asing

2. Penulis tidak diizinkan untuk memposting karyanya secara online sebelum dan selama proses pengiriman.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.