Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Liukang Tangaya
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cse.v1i3.40054
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani., d. O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, d. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi, 81-95.
Castro, J. A., & Morales, M. P. (2017). "Yin" In Guided Inquiry Biology Classroom- Exploring Student Challengs and Difficulties. Turkish Science Education, 48-65.
Fitriani, N., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. (2016). The Effecttiviness CTL Model Guided Inquiry-Based In The Topic Of Chemicals In Daily Life To Improve Students' Learning Outcomes and Activeness. Pendidikan IPA Indonesia, 278-283.
Hadi, I., Manurung, & Marpaung, Nurliana. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeru Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 57-64.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change Gain Score. America: American Educational Research Methodology.
Hamdayama, J. (2016). Metode Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iswatun, Mosik M, & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan KPS dan Hasil Siswa SMP Kelas VIII. Inovasi Pendidikan IPA, 150-160.
Kardi. S. N. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA University Press.
Nurmayani, Lia., Doyan, Aris., & Verawati, Ni Nyoman Sri Putu. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Penelitian Pendidikan IPA.
Majid, A. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, S., Rusdi, & Vivanti, d. D. (2018). The Effect Of Guided Inquiry Learning Model and Scientific Performance Student Learning outcomes. Science and Education, 105-109.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Menegah. Jakarta: Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Purwanto. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Puspaningtyas, K., & Suparno, d. (2017). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis dan Keterampilan Proses Sains. Science and Education, 8-16.
Puti, S., & Jumadi. (2016). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Pendidikan Fisika.
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Ridwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Saniah, S., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tehadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Bionature, 41-47.
Santiasih, N., Muhaeni, A., & Tika, d. I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.1 Kerobakan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Pascasarjana Univversitas Pendidikan Ganesha.
Setiawan, Sunarti, T., & Astriani, d. D. (2016). The Application Of Inquiry Learning Model To Improve “Satu Atap” Students’ Learning Results At SMPN 4 Singosari Malang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 45-50.
Sitorus, H. H., Hasruddin, & Edi, d. S. (2017). The Influence of Inquiry Learning Model On Student's Scientific Attitudes In Ecosystem Topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. IJHSSE, 170-175.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S., Santoso, Bimo Budi., & Suparman, Achmad Rante. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Termbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Nalar Pendidikan, 21-30.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tiro, M. A. (2015). Dasar- Dasar Statistika Edisi Keempat. Makassar: Andira Publisher.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto, I. B.-T. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinnya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 30 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anna Mantovani, Sitti Saenab, Muhammad Aqil Rusli
Email: [email protected]
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.