Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint-Ispring Suite Berbasis Masalah pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i1.53783
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Ariandi, Y. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran pbl. Prosiding Seminar Nasional Matematika, X(1996), 579–585.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan lkpd berbasis pbl (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90–114.
Bintang, A., Danial, M., & Ramlawati, R. (2019). Pengembangan multimedia animasi berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Chemistry Education Review (CER), 3(1), 91–98.
Danial, M., Rano, F. Y., & Herawati, N. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) elektronik berbasis masalah pada materi larutan asam dan basa. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 129–139.
Fitriani, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran video growtopia powerpoint pada tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1240–1247.
Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan ispring suite 10 pada materi reproduksi tumbuhan untuk mengukur hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 6–16.
Hasanah, I., Siahaan, J., Studi, P., Kimia, P., & Kimia, M. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis powerpoint ispring suite pada materi sifat koligatif larutan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran mandiri. Chemistry Education Practice, 6(1), 78–85.
Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis minat belajar siswa kelas xi mia pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20–25.
Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan ispring suite 8 pada sub materi zat aditif untuk meningkatkan hasil belajar siswa smp kelas viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 73–82.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sma muhammadiyah tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
Kusuma, N. R., Mustami, muh. K., & Jumadi, O. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif power point ispring suite 8 pada konsep sistem ekskresi di Sekolah Menengah Atas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Larassaty, O. (2021). Pengembangan media berbasis android berbantuan aplikasi ispring suite pada pembelajaran matematika untuk siswa kelas v sd. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 190–197.
Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan powerpoint dan ispring quizmaker pada materi teorema pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), 102–109.
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan media pembelajaran powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54.
Putri, S. A. (2022). Hubungan antara religiusitas nilai nilai islam dengan kimia dalam materi elektrokimia. Jurnal Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 01(01), 12–21.
Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 168–174.
Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi pemahaman konsep materi asam-basa siswa kelas xi mipa 1 man 2 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9.
Sheppard, K. (2006). High school students’ understanding of titrations and related acid-base phenomena. Chemistry Education Research and Practice, 7(1), 32–45.
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 di smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.
Syahri, W., Muhaimin, M., & Ardi, A. M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis representasi kimia pada materi laju reaksi untuk siswa kelas xi sman 4 kota jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(1), 26–34.
Ulfah, N. D., Sugiarti, S., & Salempa, P. (2021). Pengembangan multimedia interaktif pada materi hidrolisis dalam model discovery learning. Chemistry Education Review (CER), 5(1), 50–61.
Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing student’s motivation and geography learning outcome using active debate method assisted by ispring suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4(4), 240–247.
Zakaria, Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Pengembangan instrumen evaluasi berbasis cbt dengan software ispring quizmaker pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 178–183.
Article Metrics
Abstract view : 255 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.