PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DAN ANALISIS DI SMK NEGERI 3 KABUPATEN BANTAENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3873
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:BSNP.
Erawati, E.D. 2009. Kimia SMK Kelas XII Kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian. Bogor:Yudisthira.
Dimyanti. M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Depdikbud.
Hadi, & Mulyatiningsih. (2011). Literasi Sains.http://vivitamuzaki,wordpress.com. /2011/07/09/literasi-sains/, (6 Maret 2012).
Hamalik, Oemar. (1986). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika]. Jember : Pena Salsabila.
Hurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Purwadarminta. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
_________, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
PPs UNM. 2012. Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi Program Pascasarjana UNM Makassar. Makassar: PPs UNM
Purwanto, N. 1992. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Jember: UPT Dinas Balai Pengembangan Pendidikan.
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
________. 2007. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_______, 2009. Metode dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.
Sofyan Salam, Deri Bongkona. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar:Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model-Model Pembelajaran Inovatif Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Thiagarajan, S., Dorothy S. Semmel, and Semmel, dan Melvin I Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloomington: Center for Innovation on Teaching The Handicapped.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.
_______. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya : Kencana Pranada Media Group.
_______. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Surabaya : Cerdas Pustaka.
_______. 2011. Model- model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Winarno., Djumiarti, E. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas.
Article Metrics
Abstract view : 570 times | PDF view : 215 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.