PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN (BNNK) TANA TORAJA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI TANA TORAJA

Mustari Mustari(1), Andika Wahyudi Gani(2), Abd. Fatir(3*),

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
(3) Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS-H UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pencegahan pelanggaran yang dilakukan oleh BNNK Tana Toraja. (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pencegahan pelanggaran narkoba yang dilakukan oleh BNNK Tana Toraja. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan analisis data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) yang dilakukan BNNK Tana Toraja dalam mencegah dan mencegah masyarakat adalah dengan melakukan sosialisasi atau sosialisasi P4GN serta pembinaan. Dengan metode preventif dan promotif. Upaya yang dilakukan antara lain: penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat tentang P4GN, penguatan desa Bersinar, dan penguatan ketahanan remaja sebaya anti narkoba. (2) Kendala yang dihadapi BNNK Tana Toraja dalam upaya pencegahan narkoba antara lain keterbatasan sumber daya, sarana dan prasarana yang belum optimal, dan belum adanya peraturan daerah tentang P4GN serta kurang optimalnya kerjasama yang dibangun oleh BNNK Tana Toraja. Selain kendala yang dihadapi, mereka juga mengetahui langkah-langkah mengantisipasi kendala yang dihadapi.serta belum adanya peraturan daerah tentang P4GN serta belum optimalnya kerjasama yang dibangun oleh BNNK Tana Toraja. Selain kendala yang dihadapi, mereka juga mengetahui langkah-langkah dalam mengantisipasi kendala yang dihadapi. serta belum adanya peraturan daerah tentang P4GN serta belum optimalnya kerjasama yang dibangun oleh BNNK Tana Toraja. Selain kendala yang dihadapi, mereka juga mengetahui langkah-langkah dalam mengantisipasi kendala yang dihadapi.

Keywords: Narcotics Prevention, BNN, P4GN

Abstrak, PPenelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui upaya pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh BNNK Tana Toraja.(2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh BNNK Tana Toraja.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari data  primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) yang dilakukan oleh BNNK Tana Toraja dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkotika ialah dengan melakukan Diseminasi atau penyebaran informasi P4GN dan juga pembinaan kepada masyarakat. Dengan metode preventive dan promotive.  Upaya yang dilakukan antara lain: penyuluhan atau sosialisasi ke masyarakat terkait P4GN, penguatan desa Bersinar, dan penguatana ketahanan remaja teman sebaya anti narkoba. (2) kendala yang dihadapi BNNK Tana Toraja dalam upaya pencegahan pencegahan penyalahgunaan narkotika antara lain keterbatasan sumber daya, sarana dan prasarana yang belum optimal, dan belum adanya aturan daerah mengenai P4GN dan belum optimalnya Kerjasama yang di bangun oleh BNNK Tana Toraja. Selain kendala yang dihadapi juga telah mengetahui tentang langka-;angkah dalam mengantisipasi dari kendala-kendala yang dihadapi.

Kata Kunci : Narkotika Pencegahan, BNN, P4GN


Keywords


Narkotika Pencegahan, BNN, P4GN

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by