STUDI TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERIAN UPAH PEKERJA DI PT. JAPFA COMFEED KOTA MAKASSAR

ASNIDAR .(1*), . MUSTARI(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dan penulisan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk perlindungan dan pemberian upah yang dilakukan oleh PT. Japfa kepada pekerjanya,  (2) faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan-perbedaan pemberian upah pekerja di PT. Japfa Comfeed Kota Makassar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi.Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang dimaksud untuk menganalisis hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 (tujuh) orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Bentuk perlindungan dan pemberian upah yang dilakukan oleh PT. Japfa kepada pekerjanya sudah mengikuti ketentuan upah minimum Kota Makassar yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui ketentuan hukum dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan-perbedaan pemberian upah adalah faktor lamanya masa kerja yang didasari oleh pengalaman kerja, tinggi rendahnya jabatan (terkait wewenang dan tanggung jawab seorang pekerja). Peningkatan upah juga dilihat dari produktivitas kerja para pekerja dan semangat kerja dalam menghasilkan suatu produk yang lebih baik dan perusahaan akan berkembang.

KATA KUNCI: Perlindungan, Pemberian Upah, Pekerja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 1263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by