ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN PADA TEKS BUKU PAKET SEJARAH KELAS X SMA

Putri Muzakirah Sakir(1*), Akmal Hamsa(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23887

Abstract


Analisis Penggunaan Ejaan Pada Teks Buku Paket Sejarah Kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca titik, koma, serta titik koma pada teks buku paket Sejarah Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik baca. Peneliti mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca titik, koma, serta titik koma berdasarkan kaidah yang dijelaskan dalam PUEBI edisi keempat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada penulisan kata awal kalimat, huruf awal judul buku, dan awal perincian yang berupa klausa. Kesalahan penulisan kata depan terdapat pada penulisan kata dimana dan diantaranya. Kesalahan penggunaan tanda baca titik, koma, dan titik koma terdapat pada penulisan tanda titik di akhir kalimat perintah, penulisan tanda titik di tengah singkatan nama tahun, penulisan tanda titik sebelum kata penghubung “akibatnya”, penulisan tanda koma pada singkatan nama gelar, tidak menggunakan tanda koma sebelum kata penghubung dalam kalimat majemuk, serta tidak menggunakan tanda titik koma pada akhir perincian yang berupa klausa.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Fajarya, N. 2017. Karangan Narasi Peserta didik Kelas X SMA Swasta, 70-79.

Hp, Achmad dan Abdullah, Alek. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Manuaba, Putera. 2019. Wacana Bahasa Dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Nabillah, Chur In. 2020. Tekun Berbahasa Indonesia. Sukabumi: Farha Pustaka.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: Alfabet.

Sunendar, Dadang. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Edisi Ke-4.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 646 times | PDF view : 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License