PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI PADA RA JAMIATUL KHAER KOTA MAKASSAR)

Yuliana Jafar(1*), Muqimah Surganingsih(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20298

Abstract


Penelitian ini menelaah tentang pengembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Jamiatul Khaer Kota Makassar. Pendekatan dan jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Subjek penelitian  kelas B2yang jumlah anak didiknya sebanyak 14 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 3 anak perempuan serta 2 orang guru kelas B. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diolah dengan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Jamiatul Khaer Kota Makassar yang digunakan guru adalah metode bercerita, metode bercakap-cakap, dan bernyanyi sehingga dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak.


Keywords


Kosakata, kemampuan berbicara

Full Text:

PDF

References


Ferliana, Jovita Maria dan Agustina. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Aktif Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Fial, Rifdah El. 2016. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Bandar Lampung: PT Rajagrafindo Persada.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hadija Sitty. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercakap Cakap di Taman Kanak-Kanak Madhiya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Makassar: FIP UNM.

Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kana-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Razak, dkk. 2004. Perkembangan Peserta Didik. Makassar: FIP UNM.

Rumini, Sri dan Siti Sunandar. 2013. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Sabariah. 2010. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak- Kanak Pertiwi Pemwilda Kab. Takalar. Skripsi. Makassar: FIP UNM.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.

Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Samapai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Macana Jaya Cemerlang.

Karim, Syahriani. 2014. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Anugrah Bombong Indah Takalar. Skripsi. Makassar: FIP UNM.

Wulan, Ratna. 2011. Mengasah Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulkifli. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosfakarya.


Article Metrics

Abstract view : 570 times | PDF view : 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuliana Jafar; Muqimah Surganingsih

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats