PENGARUH PENGGUNAAN PUZZLE JARI TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI TAMAN KANAK-KANAK

Satriani Satriani(1*), Sitti Nurhidayah Ilyas(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20290

Abstract


Salah satu permainan yang membutuhkan kesabaran dan teliti dalam menyusun puzzle merupakan permainan menyusun potongan-potongan gambar. Puzzle untuk anak usia 2-4 tahun memiliki bentuk sederhana dengan potongan atau keping puzzle yang sederhana dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Berbeda dengan puzzle untuk anak usia 4-5 tahun jumlah kepingannya lebih banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan bermain puzzle jari tangan terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al Hasyim. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-kanak Al Hasyim pada kelompok B dengan jumlah anak didik 20 0rang dan 2 guru. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan puzzle jari tangan di Taman Kanak-kanak Al Hasyim Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menunjukkan bahwa melalui kegiatan puzzle jari tangan dapat mengembangkan motorik halus anak. Dengan kegiatan puzzle tersebut, maka seorang guru dapat mengetahui secara langsung dan melihat gambaran terhadap kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh anak didik.

Keywords


Motorik halus, bermain puzzle jari tangan

Full Text:

PDF

References


Arni, Firda. 2014. Kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan melipat kertas ditaman kanak-kanak Bhayangkari Panaikang kota makassar, skripsi, Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar.

Aisyah, Siti dkk. 2010. Perkembangan dan konsep dasarpengembangan anak. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Arsad.2007. Media Pendidikan dan Penerapannya. Bandung: PT Remaja Karya.

Astuti. 2016. Cara Mudah Asah Otak Anak. Yogyakarta: Penerbit FlashBooks.

Fikriyati, Mirrah. 2013. Perkembangan Anak Usia Emas Golden Age. Laras Media Prima

Hamalik, Oemar. 2008. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Ismail, Andang. 2006. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Nuansa Aksara

Mujito,2007. Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak. Jakarta. Penerbit Kencana.

Montolalu, B E F dkk. 2005. Bermain dan Permainan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Noorlaila, Ive. 2010. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sumantri, 2005. Model pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti.

Sudono. 2000. Sumber Belajar dan alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Soetjinigsih. 2002.Perkembangan Motorik Halus. Jakarta: Erlangga

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rangkuti, Julia Sarah. 2016. Rumah Main Anak. Yogyakarta: Sahabat Sejati Publishing.

Soebacham, Agustina. 2012. Permainan Asyik Bikin Pintar. Yogyakarta: IN Azna Books.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tedjasaputra, Mayke. S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Yudiasmini, Ujianti Agung. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament TGT Berbantuan Media Puzzle dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif, (diakses 16 Februari 2017)

Yulianti, Rani. 2008. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara

Zaman, B., Hernawan. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Zaman, Badru. 2006. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Taman Kanak-kanak. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: pusat Penertiban Universitas Terbu


Article Metrics

Abstract view : 452 times | PDF view : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Satriani Satriani, Sitti Nurhidayah Ilyas

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats