PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DI TAMAN KANAK-KANAK DIAN HARAPAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Asriana Asriana(1*), Herman Herman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20281

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dari barang bekas di Kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang anak dan 1 guru. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivits mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian aktivitas belajar anak siklus I berada pada kategori mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar anak. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II hasil belajar anak sudah meningkat, dan mencapai target yang telah ditentukan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu melalui kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak di Kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Keywords


Konsep bilangan, metode bercerita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Alwi, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembnaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Ditrektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Baian Proyek Peningkatan Mutu di Taman Kanak-kanak

Hurlock, E.B, 1999. Perkembangan Anak Julid I (edisi 6). Penerbit Erlangga : Jakarta

Jubaedah, 2010. Penerapan Bermain Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Malang

Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Di Raudhatul Atfhal Al-Kamal Jln Tegal Sari Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71.

Musi, M. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi Dengan Media Gambar. Indonesian Journal of Educational Studies, 19(1).

Mariani, D. (2018). Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan

Novitasari, R. (2016). Pengaruh Media Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Kelompok A. PAUD Teratai, 5(3).

Patintingan, M. L. 2013. Penerapan Matode Jarimatika di TK Asoka Makassar. Tesis. Makassar. UniversitasNegeri Makassar

Permendiknas. 2014. Permendikbud Nomor 146 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 334 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asriana Asriana; Herman Herman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats