PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DI TAMAN KANAK-KANAK

Nuraeni Nuraeni(1*), Intisari Intisari(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19711

Abstract


Penelitian ini disusun untuk mengetahui adanya pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak. dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Kegiatan metode proyek yang dilakukan adalah Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, mengurutkan angka 1-20, menyusun pola balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen sederhana. Dengan desain penelitian One GroupPretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai yang dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan nilai T hitung (136) > T tabel (30) dan Z hitung (3.51) > Z tabel (1,645), dengan demikian bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

Keywords


Metode proyek; anak usia dini; kognitif

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kasina., dan Hikmah. 2005. Perlindungan dan Pengasuhan Anak Usia Dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketanagaan Perguruan Tinggi

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Roskadarya Offset Bandung

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran Paud. Yogyakarta. Media Akademi

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. PT Rineka Cipta

Manispal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Rachmawati, Yeni., Kurniati, Euis. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana

Sinring, Abdullah dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Siegel, Sidney. 1992. Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka

---------,---------------------. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT indeks

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta

Sudijono, Ansar. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Fers

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta. CV Andi Ofsset

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika (edisi III). Makassar. Andira Publisher

Wahyudin, Uyu., dan Mubiar, Agustin. 2102. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung. PT Refika Aditama

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencan.


Article Metrics

Abstract view : 522 times | PDF view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nuraeni Nuraeni, Intisari Intisari

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats