PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KARTU KATA DAN GAMBAR PADA TAMAN KANAK-KANAK

Ismayanti Muis(1*), Azizah Amal(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19707

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui caraMeningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kartu kata dan gambar di Taman Kanak-kanak Tadika Ceria BTN Kodam VII Wirabuana kelompok B2. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan, dan melalui kartu kata dan gambar. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah kelompok B2 yang berjumlah 8 orang anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian observasi guru siklus 1 berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik.

Keywords


Membaca permulaan kartu kata dan gambar

Full Text:

PDF

References


Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badru Zaman dkk. (2008). Media dan Sumber belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dina Indriana.2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta:Diva Press.

Dalman. 2003. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Graindo Persada.

Gunarti Widya,dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Hariwijaya. 2013. Multiple Intelligences Pendekatan Tematis Super Kreatif bagi anak Prasekolah. Yogyakerta: Mitra Buku.

Ika Budi Maryatun. (2011). PAUD dan Pemanfaatan Bahan Bekas untuk APE. Dakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/tmp/Pemanfaatan Bahan Bekas.pdf.

Nurbiana Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakata: Universitas Terbuka

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Rahim Farida. 2008. Pengajaran Membaca Disekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sareb Masri Putra. 2008. Minat membaca Sejak Dini. Jakarta: PT Indeks

Shofi Ummu. 2008. Sayang belajar baca yuk!. (Metode Praktis Mengajar Anak Membaca dan Menulis). Surakarta: Indiva Media Kreasi.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada: Media Group

Suharso dan Ana Retnoningsih. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semarang: Widya Karya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Syamsuardi, S. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Publikasi Pendidikan, 2(1).

Tadkiroatun Musfiroh. (2009). Menumbuh Kembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Tampubolon.1993.Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada anak. Bandung: Angkasa

Ungguh Jasa Muliawan.2016. Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas Anak


Article Metrics

Abstract view : 548 times | PDF view : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ismayanti Muis; Azizah Amal

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: [email protected] 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats