PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PKK TO’LEMO KABUPATEN LUWU

Yuliana S P(1*), Syamsul Alam Ramli(2), Hajeni Hajeni(3),

(1) TK PKK To'Lemo Kabupaten Luwu
(2) Universitas Muhamamdiyah palopo
(3) Universitas Muhamamdiyah palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15885

Abstract


This study aims to improve children's fine motor skills through group B Meronce activities at TK PKK To'lemo, Lamasi Timur District, Luwu Regency. The design of this research refers to Classroom Action Research, namely Planning, Implementation, Observation, and Reflection. This research will be conducted at TK PKK To Lemo Cokroaminoto which is located in Lemo Village, Lamasi Timur District, Luwu Regency. The data source of this research was the students of group B which consisted of 13 boys and 7 girls with a total of 20 children. Data collection techniques in this study were carried out by a) Observation, namely checklists, anecdotal notes, and works; b) Documentation. The data analysis technique was carried out by means of descriptive qualitative. The results of this study indicate that the activities carried out through meronce showed an increase from cycle 1 to cycle 2, the average of children's fine motor skills was 7.15 with a percentage of 35.75%. Based on this, through meronce activities for group B children at TK PKK To'lemo, Lamasi Timur District, Luwu Regency, it can improve children's fine motor skills. Based on this, this research is declared complete.


Keywords


Fine motoric, Meronce.

Full Text:

PDF

References


Amurwaningsih, Lela Lavita dan Hasanah, Nor Izatil. 2018. Pengaruh Meronce Dengan Media Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B PAUD Terpadu Ar-Rahmah Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. JEA (Jurnal Edukasi AUD) 4 (2).

Anas Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astati. (1995). Pengertian Kemampuan Motorik Halus. https://www.scribd.com/doc/199616914/bab2-20-2009111247010-pdfPengertian-Perkembangan-Motorik. 27 Januari 2020 (20:17).

Bakti, Mumpuni Arum. 2015. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Tanah Liat Pada Kelompok B TK Yayasan Masyithoh Beran Bugel Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 Edisi 1

Darmastuti,Tanti. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik-Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Khadijah 2 Surabaya. PAUD Teratai I 2 (1).

Fridani, L. d. 2008. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. 2010. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Kartono, K. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV Mandar Maju.

Kusumah. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media

Lidya, A. 2008. Pengaruh Work-Family Conflict Terhadap Job Satisfaction dan Turnover Intention Pada Profesi Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Akuntansi(7), 100-116.

Mills, G. E. 2003. Action Research. Upper Saddle River, NJ: Merrill/Prentice Hall.

Pamadhi, H., & Sukardi, E. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rasyid, Harun, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Ramli, Syamsul Alam. 2017. Menumbuhkan Kreativitas Anak melalui Bermain Clay. https://syamsulalamramli.blogspot.com/search?q=clay. 2 Februari 2019 (09:26).

Ramli, Syamsul Alam. 2017. Teknik Menentukan Penilaian Pengamatan Ceklis Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. http://syamsulalamramli.blogspot.com/2020/03/teknik-menentukan-skala-penilaian-pada.html. 10 Maret 2019 (10:26).

Rilia, Dessy. 2012. Tahap-tahap Perkembangan Anak Dalam Meronce. http://dessyrilia.blogspot.com/2012/11/tahap-tahap-perkembangan-anakdalam.html. PAUD. 14 Januari 2020 (20:18).

Santrock, J. W. 1995. Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup (Edisi Kelima). Jakarta : Erlangga.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Edisi Ke-11 Jilid 1. (Alih Bahasa : MIla Rachmawati dan Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y. M., & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.

Sujiono, Bambang. dkk. 2009. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukamti, Endang Rini. 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK. UNY.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remana Rosdakarya.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suminah, Enah, dkk. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD.

Syavaliani, Titis. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Menggunakan Media Bahan Alam Pada Kelompok A. PAUD Teratai.

Warniti, Ni KD Surya, dkk. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1).

Zainal Aqib et. al. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract view : 1210 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuliana S P; Syamsul Alam Ramli; Hajeni Hajeni

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats