PENGARUH KEGIATAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NUSA MAKASSAR

Nur Asia Rahim(1*), Muhammad Akil Musi(2), Rusmayadi Rusmayadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah pelaksanaan permainan mozaik dan pengaruh kegiatan mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental designs dengan desain penelitiannya one-group pretest-posttest desain dan jumlah sampel sebanyak 10 anak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pretest, treatmant, posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis nonparamentrik dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa melakukan kegiatan mozaik berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar.

Keywords


Kemampuan motorik halus, kegiatan mozaik

Full Text:

PDF

References


Alexander, Yenni. (2012). Mozaik. Diambil dari: http://alexanderyenni. blogspot.com /2012/12/mozaik.html.

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-13.

Kharizmi, M., & Hanum, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Tekhnik Mozaik Pada Kelompok A (4-5 Tahun) di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6(2).

Maghfuroh, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Sain Med, 9(1), 57-61.

Putri, F. R., Rudiyanto, R., & Arya, I. G. K. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik. Edukid, 14(1).

Rosita, M. (2018). Penggunaan Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Taman Kanakkanak Bhayangkari Kabupaten Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Saputra, Yudha M. dan Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak. Jakarta: Depdiknas.

Sinring, Abdullah dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Makassar

Sitepu, J. M., & Janita, S. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 73-83.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani. L. 2009. Pengembangan kreativitas seni rupa melalui kegiatan mozaik pada anak di taman kanak-kanak PGRI serang. Proposal penelitian. Prodi PG PAUD UNM.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PEDAGOGIA

Tiro, Muhammad arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: UNM ujung pandang

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karaker Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Article Metrics

Abstract view : 732 times | PDF view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



Diterbitkan oleh

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Asosiasi PGPAUD Indonesia dan Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

 

View My Stats