Peningkatan Kualitas Biji Kakao Pascapanen Pada Musim Hujan Melalui Modifikasi Proses Pengeringan

Muhammad Rusdi(1*),

(1) Politeknik Negeri Ujung Pandang
(*) Corresponding Author



Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan mutu kekeringan biji kakao hasil perkebunan rakyat dari kadar air ± 12 % (musim kemarau) dan ± 25 % (musim hujan) menjadi < 7,5 %. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah meningkatkan mutu biji kakao kering hasil produksi tradidisional agar dapat bersaing dengan produk kakao dari Negara eksportir lainnya.

Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: penelitian  direncanakan 2 tahun, kegiatan tahun pertama antara lain; melakukan pengujian mutu biji kakao hasil produksi petani, kegiatan ini meliputi analisis kandungan kadar air dengan menggunakan metoda oven 150 ºC, kandungan aroma (metil pirazin) dengan teknik kromatografi gas (perego et al. 2004). Uji lainnya seperti kadar lemak, kadar jamur, kadar kulit dan kotoran serta pengamatan fisik dan warna. Kegiatan selanjutan adalah merancang alat pengering buatan yang menggunakan uap air sebagai energi untuk mengeringkan biji kakao, temperatur dalam kotak pengering dipertahankan maksimum 60ºC.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa alat pengering biji kakao hasil penelitian dapat mengeringkan biji kakao sampai 7,15% dalam waktu 30 jam dan 5,64% dalam waktu 35 jam, serta telah memenuhi standar mutu kakao SNI 01-2323-2000.

Kata Kunci: Biji kakao, pengeringan, mutu.


Article Metrics

Abstract view : 223 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:

  

 

Published by:

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663

 Email: teknikmesin@unm.ac.id 

 

TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License