Persepsi Siswa Kelas VIII 2 SMPN 4 WOTU Kabupaten Luwu Timur Terhadap Pembelajaran Seni Budaya.

Gusti Putu Ngurah Astawa(1*), Lanta L Lanta L.(2), Tangsi Tangsi(3),

(1) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v5i2.7141

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap tujuan dan manfaat pembelajaran Seni Budaya. (2) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap strategi pembelajaran Seni Budaya. (3) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap penguasaan materi oleh guru dalam pembelajaran Seni Budaya. (4) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kabupaten Luwu Timur terhadap pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu Kab. Luwu Timur. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah observasi (pengamatan), angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif, data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap tujuan dan manfaat pembelajaran Seni Budaya cukup baik dan dirasakan oleh semua siswa. (2) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap strategi pembelajaran Seni Budaya cukup baik, namun media pendukung strategi pembelajaran belum memadai. (3) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap penguasaan materi oleh guru cukup baik, dengan data yang menunjukkan banyaknya siswa yang menyatakan guru cukup baik dalam menguasai materi pembelajaran. (4) Persepsi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Wotu terhadap pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran Seni Budaya cukup baik, siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi.


Keywords


Persepsi, seni budaya, strategi pembelajaran seni budaya

Full Text:

PDF

References


Alizamar, dkk. 2016. Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Amriani, Nani. 2010. Persepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Herlang Terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Darmawan, dkk. 2008. Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Dimyati, Johni. 2013. Metdlgi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Ghani, Abd. Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Moeliono, Anton M, dkk. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud RI.

Mulyana, Aina. 2016. “Pengertian Prestasi Belajar”, diakses dari http://ainamulyana.blogspot.com/ 2016/ 01 /prestasi – belajar - siswa-pengertian-dan.html. Pada tanggal 1 Februari 2018. Pukul 00:10 WITA.

Nazamuddin, Ana. 2013. “Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan”, diakses dari http://ana-nazamuddin.blogspot.co.id/2013/03/hakikat-fungsi-dan-tujuan-pendidikan.html . Pada tanggal 3 April 2018. Pukul 21.00 WITA.

Prawira, Nanang Ganda. (2013). Seni Rupa dan Kriya. Jakarta: Satu Nusa.

Ruhimat, Toto, dkk. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Senturi, Penget Munawar. 2010. “Tujuan Pendidikan Seni SMP”, diakses dari senturi09.wordpress.com. Pada tanggal 6 Februari 2018. Pukul 11.03 WITA.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uma, Hasminee. 2013. ”Persepsi: Pengertian, Definisi, dan Faktor yang Mempengaruhi”, diakses dari http://www.kompasiana.com/hasminee/ persepsi- pengertian- definisi- dan- factor- yang- mempengaruhi-52299913ea8349a1f552d01. Pada tanggal 31 Januari 2018. Pukul 23.58 WITA.

Winarno. 2013. “Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Evaluasi”, diakses dari http://winarno.staff.iainsalatiga.ac.id/wp- content/ uploads/ sites/ 25/2013/02/ PENGERTIAN-TUJUAN-FUNGSI-PRINSIP.pdf. Pada tanggal 3 April 2-18. Pukul 20.00 WITA

Wirawan, Ali. 2015. “BAB II Persepsi”, diakses dari http:// digilib. unila.ac.id/ 8016/14/BAB% 20II.pdf. Pada tanggal 2 Juli 2017. Pukul 20.00 WITA.

Y, Sari. 2014. “Konsep Teori Tentang Persepsi”, diakses dari http:// repository. uin-suska.ac.id. Pada tanggal 1 Februari 2018. Pukul 00.43 WITA.

-. 2013. “Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli”, diakses dari http://belajar psikologi. com / pengertian- persepsi- menurut- ahli/. Pada tanggal 1 Februari 2018. Pukul 00.04 WITA.

-. 2014. “Pengertian dan Peranan Evaluasi Pembelajaran”, diakses dari https://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html/. Pada tanggal 3 April 2018. Pukul 20.15 WITA.

-. 2017. “Tujuan Pendidikan Seni”, diakses dari http://pecintamakalah. blogspot.co.id/2017/02/ tujuan-pendidikan-seni.html. Pada tanggal 3 April 2018. Pukul 21.00 WITA.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2018 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh