ADAPTASI KARAKTERISTIK GOLDEN PALM HOTEL DALAM FILM ZOOTOPIA PADA BUSANA KREASI

Wijayanti Ningsih(1*), Asri Wibawa Sakti(2),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.59710

Abstract


Busana pada masa kini tidak hanya menjadi kebutuhan pokok, melainkan sebagai tempat menuangkan ide dan kreativitas bagi para pemakainya. Adaptasi merupakan penyesuaian bentuk, fungsi, kode atau sebuah tanda pada referensi awal, walaupun pada akhirnya terdapat beberapa perbedaan karena berada pada konteks ruang dan waktu yang berbeda. Zootopia merupakan film animasi yang dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tahun 2016. Film ini berlatar tempat kota metropolis bernama Zootopia yang dikelilingi oleh beberapa wilayah ekosistem, salah satunya Sahara Square dengan bangunan ikonik bernama Golden Palm Hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil adaptasi karakteristik pada busana kreasi dengan orientasi Golden Palm Hotel dalam film Zootopia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE Model yang terdiri dari 5 tahap yaitu; Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah busana kreasi berupa busana bebe dengan overskirt yang dilengkapi dengan cape bahu, sabuk berlidah, hiasan kepala, dan hiasan punggung yang memvisualisasikan karakteristik Golden Palm Hotel, sehingga pembuatan busana adaptasi ini dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan menuangkan ide baru.


Keywords


busana, adaptasi, busana kreasi, zootopia, golden palm hotel

Full Text:

PDF

References


Al-Firdaus, Iqra’.2010. Inspirasi- inspirasi Menakjubkan Ragam Kreasi Busana. Yogyakarta: Diva Press.

Ariati, N. L. D., Sudirtha, I. G., & Angendari, M. D. (2018). Pengembangan Busana Pesta Malam Dengan Sumber Ide Busana Ratu Elizabeth Kerajaan Inggris. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(3), 200-210.

Delfi, E. A., Mudra, I. W., & Swandi, I. W. (2020). Analisis Makna Dan Bentuk Busana Adat Daha Dan Truna Desa Bungaya Karangasem. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 23(3), 128-135.

Haryawati, I. L. A., Sudirtha, I. G., & Angendari, M. D. (2019). Pembuatan Busana Fantasi Dengan Sumber Ide Dramatari Calonarang. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 10(3), 167-176.

Lestari, A. P. R. P., Sudirtha, I. G., & Angendari, M. D. (2018). Pengembangan Busana Fantasi Dengan Sumber Ide Kekaisaran Jepang. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(3), 211-221.

Lestari, S. K. (2016). Pesona Kebaya Encim Modifikasi dalam Sentuhan Motif Batik Mega Mendung (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Paramuditha, V. (2017). Analisis Kualitas Busana Kreasi Pada Mata Kuliah Proyek Desain Mode (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Peterson, D., Kanani, P., & Marathe, V. J. (2019). Private federated learning with domain adaptation. arXiv preprint arXiv:1912.06733.

Shobriyah, N. I., & Eman, A. (2021). Aplikasi Origami Batik Pekalongan Sebagai Decorative Trims Pada Busana Pesta. Jurnal Da Moda, 3(1), 27-35.

Sianturi, D. E., & Purba, R. (2014). Hubungan Pengetahuan Desain Busana dengan Hasil Menggambar Busana Kreasi Pada Siswa SMK Negeri 8 Medan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2).

Widyastuti, A. (2012). Studi tentang penggunaan warna: teknik pewarnaan, kecenderungan warna, dan makna simbolisnya pada wayang krucil di Dusun Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Agustina, Dina. (2012). PRINSIP-PRINSIP DESAIN BUSANA [daring] diakses dari http://dinaagustina09.blogspot.com/2012/06/prinsip-prinsip-desain-busana.html pada 20/11/ 2022.

Ammariah, Hani. (2022). Mempelajari Unsur dan Prinsip Dasar Desain Grafis [daring] diakses dari https://www.ruangguru.com/blog/unsur-dan-prinsip-dasar-desain-grafis pada 20/11/2022.

Ranta, Suhan. (2021). ADDIE, MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF DAN SOLUTIF DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH. Padmanaba Blog. Diakses dari https://sma3jogja.sch.id/blog/addie-model-pembelajaran-efektif-dan-solutif-dalam-penulisan-karya-ilmiah/


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh