PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI INFORMASI KOST DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

M. Rizky Darmawan(1*), Hadiansyah Ma’sum(2),

(1) Politeknik LP3I Bandung
(2) Politeknik LP3I Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.59642

Abstract


Perancangan UI/UX ini bertujuan untuk menciptakan User Interface (UI) dan User Experience (UX) untuk aplikasi informasi kost di Kota Bandung dengan menggunakan metodologi Design Thinking, yang mencakup empat tahap: pemahaman, penelitian, pembuatan prototype, dan pengujian. Proses observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman awal tentang kebutuhan pengguna. Untuk memahami preferensi dan tren pasar, penelitian dilakukan. Prototype dibuat oleh pengembang dan desainer untuk membuat solusi yang responsif dan mudah digunakan. Desain diuji dengan uji coba pengguna untuk menemukan kesalahan dan memperbaikinya. Hasil dari upaya ini adalah aplikasi informasi kost dengan antarmuka pengguna yang menarik dan UX yang mudah digunakan yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik di Kota Bandung.


Keywords


User Interface; User Experience; Design Thinking; Informasi Kost; Figma

Full Text:

PDF

References


Agus Muhyidin, M., Muhammad Afif Sulhan, and Agus Sevtiana. 2020. PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Vol. 10.

Aisyah, Universitas, Pringsewu Journal Homepage, Mohammad Adam Prasetyo, Muhammad Choirul Rozikin, and Renny Sari Dewi. n.d. ‘Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI PENCARI KOST ABC DI KOTA XYZ MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING’.

Prabaningrum, Btari, Apriade Voutama, and Nono Heryana. 2023. RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN BERBASIS WEBSITE DALAM PENGELOLAAN LABA RUGI (STUDI KASUS: CV GEGER HANJUANG). Vol. 7.

Pratama, Muhammad Adhitya Dhita, Yudhi Raymond Ramadhan, and Teguh Iman Hermanto. 2022. ‘Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking’. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9(4):980. doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

Prof.Dr.Sugiyono. 2020. ‘Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).’

Rohili, Rohili, and Eko Setia Budi. 2022. ‘Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Web Pada Apotek Khodijah’. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON) 3(4):536. doi: 10.30865/json.v3i4.4240.

Rosiana, Puput Silva, Apriade Voutama, and Azhari Ali Ridha. 2023. ‘PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING’. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan 11(3). doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh