PERANCANGAN VIDEO PROMOSI SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN DIGITAL MARKETING SMP BINA TARUNA

Adya Mulya Prajana(1*), Aria Ar Razi(2),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.48518

Abstract


Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi telah berkembang sedemikian pesat, terutama pada bidang digital marketing. Hal ini menuntut lembaga pendidikan maupun organisasi untuk mengembangkan promosi di berbagai media yang sesuai dengan perkembangan jaman. SMP Bina Taruna merupakan Sekolah Menengah Pertama swasta yang beralamat di Jl. Ciganitri No.36, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan observasi dan wawancara yang sudah dilakukan sebelumnya, media promosi yang digunakan oleh SMP Bina Taruna pada saat ini merupakan media-media cetak seperti brosur, banner dan spanduk. SMP Bina Taruna belum memiliki media video promosi yang dapat memberikan informasi sekaligus juga mempersuasi siswa siswi baru. Maka dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan sebuah media promosi digital berupa video untuk mendukung pemasaran SMP Bina Taruna Kab. Bandung, untuk memudahkan calon siswa dan siswi baru mendapatkan informasi terkait sekolah yang akan mereka tuju. Dengan adanya video promosi sebagai media utama akan mendukung pemasaran melalui media digital yang nantinya akan memudahkan penyampaian informasi terkait SMP Bina Taruna.

 


Keywords


Video Promosi; Digital Marketing; Promosi

Full Text:

PDF

References


Sandra Ernst Moriarty, Sandra E., Wells, William, Mitchell, Nancy, (2015), Advertising & IMC principles and practice, Pearson

Setiawan, Agus, (2018), Metodologi Desain. Arttex.

Kasemsarn, Kittichai, (2022), A Marketing Plan for Applying 5W1H (What, Why, Where, When, Who, and How) in Design Postgraduate Degrees: A Case Study from Thailand. Common Ground.

Chakti, Gunawan, (2019), The Book of Digital Marketing, Celebes Media Perkasa.

Rahmadianto, S. A., Andito, T., (2018), Perancangan Explainer Video Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi, Jeskovsia.

Andhika, Ahmad, (2019), Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimatan Selatan, Mutakallimin.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh