EDUKASI BUDAYA MENGENAI PERBEDAAN TARI SAMAN DAN TARI RATOH JAROE MELALUI VIDEO ANIMASI

Puspa Ramadhania(1*), Anung Rachman(2), Rendya Adi Kurniawan(3),

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.48287

Abstract


Masih terdapat isu di mana banyak individu yang belum memahami perbedaan yang jelas antara Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe. Sebagian besar orang sering mengacu pada keduanya sebagai Tari Saman karena kesamaan yang tampak dalam kedua tarian tersebut. Tapi sebenarnya Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe memiliki perbedaan yang signifikan, mulai dari jenis kelamin penari, kostum yang digunakan, hingga instrumen musik yang mengiringinya. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah video animasi berjudul “Animasi Edukasi: Perbedaan Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe” dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perbedaan ini dan menghilangkan salah kaprah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai proses pembuatan animasi. Penulis menyebarkan kuisioner sebagai acuan penilaian animasi yang telah dibuat. Hasil menunjukkan bahwa video “Animasi Edukasi: Perbedaan Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe” menarik sebagai media pembelajaran. Animasi tersebut juga memberikan pengetahuan baru kepada penontonnya melalui ilustrasi dan narasi.


Keywords


Animation; 2D; Education

Full Text:

PDF

References


Akhmad, I. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI PADA TARI SAMAN (Issue 1).

Asy’ary, M. R., & Sulistyani, H. D. (2020). PEMAKNAAN KOMUNIKASI PANGGUNG PENARI PEREMPUAN PADA TARI RATOH JAROE. Interaksi Online, 9(1), 259–270. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/29729

Ekomadyo, A. S., Shabrina, Q., Sudradjat, I., & Nur Awanda, S. (2022). METAFORA TARIAN DALAM ARSITEKTUR: KASU. 531–542.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Animation as an Aid to Multimedia Learning. In Educational Psychology Review (Vol. 14, Issue 1).

Utami, D. (2011). Animasi Dalam Pembelajaran.

Yuliza, Y., Supadmi, T., & Ramdiana, R. (2022). BENTUK PENYAJIAN TARI KOLOSAL RATOH JAROE ASIAN GAMES 2018. 7(2), 112–121.

Gumelar, M. S., & Gumelar, M. S. (2018). Elemen dan Prinsip Animasi 2D. An1mage.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh