PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PRODUK ‘CASEUPHORIA’ UNTUK PROMOSI
(1) Malang State University
(2) Malang State University
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.47412
Abstract
Penelitian ini berjudul “Perancangan Media Komunikasi Visual Produk ‘Caseuphorua’ Untuk Promosi”. ‘Caseuphoria’ merupakan sebuah brand start-up yang menjual iPhone and Android Case, Macbook Case, iPad / Android Tab Case, Laptop Carriers, Wireless Accessories, Leather Accessories, Journal Book, dan Magnetic Wireless Charger. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh ‘Caseuphoria’ adalah banyak orang yang belum mengenal brand ‘Caseuphoria’ karena promosi dan publikasinya yang kurang optimal. Adapun permasalahan yang dikaji adalah: Bagaimana merancang media komunikasi visual produk ‘Caseuphoria’ untuk promosi. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan media komunikasi visual produk ‘Caseuphoria’ untuk promosi. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking oleh David Kelley dan Tim Brown yang terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, dengan mengumpulkan data dan informasi yang berfungsi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh ‘Caseuphoria’. Peneliti juga mengumpulkan data dan informasi melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan pustaka untuk memperkuat data dan informasi yang akan digunakan. Media perancangan ini berupa feeds dan story Instagram, serta media pendukung yang terdiri dari katalog, x-banner, name card, gantungan kunci, kalender meja, stiker, tote bag, mug, tumbler, mouse pad, pouch, pin, dan mini mirror. Hasil rancangan media promosi membantu dan memudahkan audiens untuk mengenal dan mengetahui produk-produlk dari brand ‘Caseuphoria’.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Irawan, M., Pujiyanto, & Sudarmanto, J. (2021). Perancangan Media Promosi Brand “Raishin Apparel” untuk Memperluas Target Pasar. Jurnal JoLLA Vol.1 No.12.
Goenawa, F. (2021). Perancangan Media Promosi Instagram Pada Galeri De La Macca Di Kota Makassar. Jurnal TANRA Vol.8 No.2.
Pramana, Muttaqin, H., & Ismail, A. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Promosi “Dinodin Kids Club” Kota Pasuruan - Jawa Timur. Jurnal TANRA Vol.8 No.2.
Fernando, F. (2022). Perancangan Sarana Penyimpanan dan Kemasan Ubi Cilembu. Jurnal TANRA Vol.9 No.1.
Ardiansyah, A., Rohman, M. A., & Hermanto, Y, A. L. Perancangan Redesain Brand Identity “Anamid” Coffee. Jurnal JoLLA Vol 2 No.3.
Safitri, N. A., Sarjono, & Hermanto, Y. A. L. Perancangan Visual Identity Sebagai Upaya Mengenalkan Eksistensi Bliss Yoga Malang. Jurnal JoLLA Vol 2 No.3.
Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to design thinking. Stanford: Institute of Design at Stanford. doi: https://doi.org/10.1027/2151-2604/A000142
Rustan, S. (2013). Layout. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.
Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Businnes Review.
Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Media Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Lia, A., & Kirana, N. (2018). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Paduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Wahyuningsih, S. (2015). Komunikasi Visual. Madura: UTM Press.
Anggraini, L., & Nathalia. (2014). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Paduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana Dasar Dasar Seni dan Desain (1st ed.). Yogyakarta: Jalasutra.
Article Metrics
Abstract view : 239 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh