Perancangan Boardgame Aksara Lontara Untuk Anak Sekolah Dasar Suku Bugis Melalui Translasi Game Digital Dengan Pendekatan Design, Dynamic, Experience (DDE) Framework.

Ahmad Ade Nugraha(1*),

(1) Universitas Ciputra Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.46607

Abstract


Aksara Lontara merupakan salah satu aksara yang terdapat di Indonesia. Pada umumnya digunakan di daerah Provinsi Sulawesi Selatan, aksara tersebut mulai diajarkan pada tingkat Sekolah Dasar walaupun pada keadaannya tidak semua sekolah dapat mengajarkan mata pelajaan tersebut dikarenakan keterbatasan pengajar ahli dan kurangnya media pembelajaran yang ada saat ini. Pada jenjang sekolah dasar penggunaan media Boardgame menjadi salah satu pilihan dalam mengajarkan aksara Lontara. Dalam proses perancangan ini akan menggunakan DDE Framework dengan hasil berupa rancangan Boardgame berkonten aksara Lontara yang dapat digunakan sebagai salah satu media pengengenalan aksara pada jenjang Sekolah Dasar pada anak suku Bugis. Translasi game digital yang dilakukan dan penambahan fitur yang ada pada Boardgame menjadikan value Boardgame menjadi unik.


Keywords


Aksara, Lontara, Boardgame, DDE framework, Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., & Mansoor, A. Z. (2021). Kajian Gamifikasi Mekanik sebagai Variabel dalam Literasi Media Board Game. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(1), 22–34. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i1.2020

Anggraeni, L., Affandi, I., Wahyudin, D., Paramitha, S. T., & Ramadhan, M. G. (2022). Optimization of the Board Game as a Platform for the Concept of Peace Education: A Survey Method Study. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.46328/ijemst.2292

Fullerton, racy. (2008). GAME DESIGN WORKSHOP - A Playcentric Approach to Creating Innovative Games (2nd ed.). Morgan Kaufmann Publishers.

Hamsah. (2019, July 21). Unhas-IGBD Parepare Dongkrak Minat Belajar Bahasa Daerah. FAJAR. https://fajar.co.id/2019/07/21/unhas-igbd-parepare-dongkrak-minat-belajar-bahasa-daerah/

Kominfo, P. (2018, July). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. http:///content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media

Laugwitz, B., Schrepp, M., & Held, T. (2006). Konstruktion eines Fragebogens zur Messung der User Experience von Softwareprodukten. https://doi.org/10.1524/9783486841749.125

Madeamin, R. (2019). Eksistensi Bahasa dan Kearifan Lokal Suku Bugis. Yayasan Intelgensia Indonesia. https://www.academia.edu/40103635/Eksistensi_Bahasa_dan_Kearifan_Lokal_Suku_Bugis

Mansoor, A., & Nugraha, A. A. (2021). Designing Educational Games as Learning Media for Lontara/Bugis Script for Children 7-8 Years old: Memory Game with Aksara Lontara Content. Journal of Games, Game Art, and Gamification, 6(2), 67–74.

Maulana, R. (2020). Aksara-aksara di Nusantara: Seri Ensiklopedia. Samudra Biru.

Nugraha, A. A., & Mansoor, A. Z. (2021). Essential Elements In The Development Of Educational Games For Language Scripts. 403–412. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211228.053

Suardi, C., Anggeani, D., Wibawa, A. P., Murtadlo, N., Zaeni, I. A. E., & Jabari, N. A. M. (2021). Asking a chatbot for food ingredients halal status. In Halal Development: Trends, Opportunities and Challenges (pp. 14–20). CRC Press.

Syamsuri, A. S. (2020). Pelestarian dan Pemertahanan Bahasa dan Sastra Bugis. Nas Media Pustaka. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17250/

Walk, W., Görlich, D., & Barrett, M. (2017). Design, Dynamics, Experience (DDE): An Advancement of the MDA Framework for Game Design. In O. Korn & N. Lee (Eds.), Game Dynamics: Best Practices in Procedural and Dynamic Game Content Generation (pp. 27–45). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-53088-8_3

Wen, J.-M., Do, H. D., Liu, E. Z.-F., Lin, C.-H., & Huang, S. K. (2020). Educational Board Game and Flashcard: Which one is better for learners at beginner level of Chinese language? International Journal of Serious Games, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.17083/ijsg.v7i4.347


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh