Perancangan UI/UX Aplikasi Bank Sampah Induk Surabaya Berbasis Mobile untuk Memberikan Kemudahan Terhadap Pelayanan Nasabah

Usfi Dwi Andini(1*), Aditya Rahman Yani(2), Aileena Solicitor Costarica El Chidtian(3),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i1.46264

Abstract


Abstract  UI/UX of the Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) Application is a user interface and user experience applied to the design of the Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) Application Mobile-based. In designing UI/UX this application uses the design thinking method with five stages, namely empathize (digging problems), define (analyzing problems), ideate (finding solutions), prototypes (making designs), and testing (testing application usability). The purpose of designing the UI/UX of the Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) Application is to create an application that suits the needs and desires of respondents and provides facilities to customers so that they can easily obtain waste bank services more effectively and easier.  Keywords: UI/UX, Application, Design Thinking, Customer   Abstrak UI/UX Aplikasi Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) adalah user interface dan user experience yang diterapkan pada perancangan Aplikasi Bank Sampah Induk Surabaya berbasis Mobile. Dalam perancangan UI/UX aplikasi ini menggunakan metode design thinking dengan lima tahapannya yaitu empathize (menggali permasalahan), define (menganalisis permasalahan), ideate (menemukan solusi), prototype (membuat desain), dan testing (uji coba kegunaan aplikasi). Tujuan perancangan UI/UX Aplikasi Bank Sampah Induk Surabaya ini adalah untuk menciptakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah/responden dan memberikan fasilitas kepada nasabah agar dapat dengan mudah memperoleh layanan bank sampah dengan lebih efektif dan lebih mudah.  Kata Kunci: UI/UX, Aplikasi, Pemikiran Desain, Nasabah  

Keywords


UI/UX, Design Thinking, Aplikasi

Full Text:

PDF

References


Angelina, K., Sutomo, E., & Nurcahyawati, V. (2022). 10. Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking 70-78. TEMATIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 9(Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking), 70–78. https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.915

Brillian, A. (2020). Kelola Sampah di Sekitar Kita (Anggun Brillian Aghata etc.) (z-lib.org) (1st ed.). Gerakan peduli Lingkungan.

Dahlan, A., S.C.R.E.C, A., & Widyasari. (2022). Aplikasi Penjualan Produk Meubel Ukir UD. Barokah Meubel sebagai Sistem Penjualan Online. Jurnal Imajinasi, 6(1), 63–71.

Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2021). 2021pmlhk014 (peraturan menteri tentang sampah bank sampah (Patent No. 14). Pengelolaan sampah pada Bank Sampah.

Nisa, D. A. (2019). STUDI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN PAYUDARA WANITA PADA SMARTPHONE. 1(2), 255–264.

Novianti, Endri, & Darlius. (2018). KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Rusanty, D. A., Tolle, H., & Fanani, L. (2019). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking (Vol. 3, Issue 11). http://j-ptiik.ub.ac.id

Usis, T. (2021). BUKU-BANK-SAMPAH-021121_complete (Pracoyo, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh