VIDEO PROMOSI ANIMASI KREATIFUL DENGAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Gregorius Guardiola Istiawan(1*), Restu Ismoyo Aji(2),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i2.45998

Abstract


Pada era ini, UMKM dituntut untuk memiliki sebuah desain identitas yang kuat agar dapat bersaing dalam menjalankan bisnis mereka. Kreatiful adalah sebuah agensi desain yang menyediakan jasa desain yang diperlukan oleh UMKM, namun banyak yang masih belum mengetahuinya. Maka dari itu, Kreatiful membutuhkan sebuah video promosi yang mampu meningkatkan kesadaran mereknya di benak pelaku UMKM. Kesadaran merek yang nantinya diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan jasa Kreatiful. Untuk itu, video promosi perlu memiliki variasi visual dan cerita yang memikat. Tulisan ini menjelaskan tahapan perancangan video promosi animasi 2D lewat pendekatan storytelling yang pada gilirannya dapat menjadi sebuah cara untuk meningkatkan kesadaran merek bagi para pelaku UMKM sendiri. Metode yang digunakan adalah gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari perancangan ini adalah video promosi animasi 2D yang komunikatif dan efektif untuk menarik minat pelaku UMKM dan meningkatkan kesadaran merek Kreatiful.


Keywords


UMKM, Kesadaran Merek, Animasi 2D, Promosi

Full Text:

PDF

References


Alfatra, F. F., Suminto, M., & Purwacandra, P. P. (2019). Penciptaan Film Animasi “Chase!” Dengan Teknik “Digital Drawing”. Journal of Animation and Games Studies, 5(1), 033-056.

Kumoro, D. T. (2019). Video Animasi Dua Dimensi Sebagai Media Promosi. Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi, 1(1), 41-49.

Anita, R. D., & Marisa, F. (2017). Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1).

Ardyan, M. Z., Rachman, A., & Kurniawan, R. A. (2023). Media Promosi Iklan Taman Nasional Komodo melalui Animasi 2D. Jurnal Desain, 10(2), 205-218.

Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227.

Gallo, C. (2019). Storytelling to inspire, educate, and engage. American Journal of Health Promotion, 33(3), 469-472.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.

Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156-159.

Indovoiceover. 2020. “Cari Tahu Yuk Ragam Tipe Job Untuk Voice Over | Indovoiceover.” https://indovoiceover.com/cari-tahu-yuk-ragam-tipe-job-untuk-voice-over/. 2020. https://indovoiceover.com/cari-tahu-yuk-ragam-tipe-job-untuk-voice-over/.

Kementerian Kominfo. “Menko Airlangga: Ekonomi Digital di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara”. 11 April 2022. https://www.kominfo.go.id/content/detail/41127/menko-airlangga-ekonomi-digital-di-indonesia-tertinggi-di-asia-tenggara/0/berita#:~:text=%E2%80%9CEkonomi%20digital%20di%20Indonesia%20tertinggi,PT%20GoTo%20Gojek%20Tokopedia%20Tbk

Nasri, H. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness Tokopedia Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.

Prakosa, Gotot. Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta, 2010.

Pratista, H. (2017). Memahami Film-Edisi 2. Montase press.

Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265).

Sadi, S., Mardiana, T., & Kusumawardhani, I. (2017). Focus group Discussion: Kajian Teori dan Praktik.

Syaputra, M., Webliana, K., & Permatasari, D. (2022). Upaya Peningkatan Brand Awareness melalui Pelatihan Pembuatan Vidio Promosi di UMKM Desa Kuranji Dalang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 80-86.

Thomas, F., Johnston, O., & Thomas, F. (1995). The illusion of life: Disney animation (p. 28). New York: Hyperion.

Tsai, M. C. (2020). Storytelling advertising investment profits in marketing: From the perspective of consumers’ purchase intention. Mathematics, 8(10), 1704.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh