KONSEP DASAR DESAIN IKLAN EKSPERIMENTAL: BERHASIL ATAU TIDAK SEBUAH IKLAN

Dian Cahyadi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.45817

Abstract


Iklan adalah salah satu alat pemasaran yang efektif dalam mempromosikan produk atau jasa. Desain iklan yang tepat dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa. Namun, tidak semua desain iklan berhasil dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, konsep dasar desain iklan eksperimental menjadi penting untuk memastikan keberhasilan sebuah iklan.

Konsep dasar desain iklan eksperimental adalah suatu metode yang dilakukan untuk menguji keefektifan sebuah iklan sebelum diluncurkan ke publik. Dalam proses ini, beberapa varian desain iklan dibuat dan diuji pada kelompok responden. Dari hasil pengujian, desain iklan yang paling efektif dapat dipilih dan digunakan sebagai iklan yang akan diluncurkan.

Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip dasar dalam desain iklan eksperimental yang harus diperhatikan. Pertama, iklan harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. Kedua, desain iklan harus relevan dengan target konsumen. Ketiga, iklan harus memiliki pesan yang jelas dan mudah dipahami. Keempat, desain iklan harus menarik perhatian konsumen dengan visual yang menarik dan menonjol.

Dalam kesimpulannya, konsep dasar desain iklan eksperimental sangat penting untuk memastikan keberhasilan sebuah iklan. Dengan mengikuti prinsip dasar desain iklan eksperimental, pelaku pemasaran dapat memperoleh informasi yang lebih akurat tentang iklan yang efektif sebelum diluncurkan ke publik, dan meningkatkan peluang keberhasilan iklan tersebut dalam mencapai tujuannya

Keywords


Iklan, Desain Iklan, Konsep Dasar, Eksperimen, Keberhasilan, Prinsip Dasar, Tujuan, Relevansi, Pesan, Visual.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D., & Joachimsthaler, E. (2000). Brand leadership. Free Press: New York. New York: Free Press.

Aditya, P. (2021). Strategi Iklan Eksperimental. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/peteraditya/6088ab3fae2bac12a225f954/strategi-iklan-eksperimental [Diakses pada 10 Maret 2023].

Afifah, S. &. (2020). Analisis Pengaruh Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Susu Ultra (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Airlangga). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 86(2), 171-178.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.: PT Rineka Cipta.

Belanche, D., & Casaló, L. V. (2019). The Effectiveness of Experimental Advertising: A Meta-Analysis. Journal of Business Research, 186-198.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018)). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. New York: NY: McGraw-Hill Education.

Chen, Y. L., & Lee, W. C. (2020). The Effectiveness of Experimental Advertising on Consumer Purchase Intentions: The Moderating Role of Personal Values. . Journal of Business Research, 113, 26-36.

Elsa Dwi Wulandari, E. D. (2019). Strategi Iklan Eksperimental Dalam Meningkatkan Brand Awareness Studi Kasus: Atma Auto Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Fauzi, H. (2021). Etika dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 28(1), 45-55.

Graha, A. M. (2017). Pemanfaatan Strategi Iklan Eksperimental untuk Meningkatkan Efektivitas Iklan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 173-186.

Grewal, L., & Kumar. (2009). Marketing. New York: McGraw-Hill Education.

Gupta, P., & Randhawa, A. (2019). Experimental Advertising: A New Way to Market. International Journal of Scientific Research and Management, 7(2), 12-16.

Hair, J. F., Wolfinbarger, M. O., & Bush, R. P. (2017). Essentials of marketing research. New York: NY: McGraw-Hill Education.

Hanafi, I. (2019). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada Konsumen di Kota Tangerang. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 6(2), 149-160.

Khairunnisa, A. &. (2021). Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Kosmetik. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 1-12.

Kim, K. J., & Ferguson, D. A. (2018). Online Social Network Advertising and Product Involvement: An Experimental Investigation of Moderated Mediation. Journal of Business Research, 85., 341-350.

Kim, S. L., & Choi, Y. (2020). Kim, S., Lee, J., & Choi, Y. (2020). The Effect of Experimental Advertising on the Brand Loyalty of Smartphone Users: Focusing on the Mediating Effect of Customer Experience and the Moderating Effect of Consumer Innovativeness. Sustainability, 12(8), 33-46.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. New York,: NY: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson.

Kuo, P. J., & Wang, Y. H. (2019). The Effect of Experimental Advertising on Brand Awareness and Brand Attitude: The Mediation of Consumer Experience and the Moderation of Regulatory Focus. Journal of Business Research, 97, 52-61.

Lee, S. H., & Lee, H. J. (2017). Influence of Brand Communication through SNS on Brand Awareness and Purchase Intention: Focusing on the Moderating Effects of Message Strategy. . Journal of Distribution Science, 15(2), 35-44.

Lee, Y. J., & Sung, Y. (2017). Influences of Advertising Creativity and Product Involvement on Brand Attitude and Purchase Intention: The Mediating Role of Advertising Likeability. Journal of Promotion Management, 23(1), 1-20.

Lee, Y. J., & Sung, Y. (2017). Influences of Advertising Creativity and Product Involvement on Brand Attitude and Purchase Intention: The Mediating Role of Advertising Likeability. Journal of Promotion Management, 23(1), 1-20.

Lee, Y. L.-6. (2018). Investigating the Effect of Experimental Advertising on Consumers’ Brand Attitudes and Purchase Intentions: The Moderating Role of Need for Uniqueness. . International Journal of Advertising, 37(4), 647-666.

Li, X. L., & Li, D. (2019). The Effect of Experimental Advertising on Consumer Attitude and Purchase Intention: The Mediation of Consumer Experience and the Moderation of Product Novelty. Journal of Business Research, 103, 1-11.

Machleit, K. A., & Wilson, R. D. (2019). Experimental Advertising. In International Encyclopedia of Strategic Communication (pp. 1-9). John Wiley & Sons, Ltd.

Muhammad, R. &.-F.-6. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Iklan Eksperimental di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(1)67., 47-67.

Nugroho, H. (2018). Strategi Pemasaran Produk: Konsep, Proses, dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nurhadi, A., & Adhani, D. R. (2020). Penggunaan Sasaran Iklan Eksperimental dalam Penelitian Pemasaran: Perspektif Etika dan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), 87-96.

Nurrahman, A., & Hidayah, N. (2020). Analisis Pengaruh Iklan TV dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis (JIMBIS), 11(2),, 175-183.

Pujihastuti, N. (2021). Strategi Pemasaran Konten: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Eksperimental. Jakarta: Grasindo.

Pujihastuti, N. (2021.). Strategi Pemasaran Konten: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Putri, M. A., & Murti, B. (2021). The Effectiveness of TV Advertisement through Pre-Post Experimental Design. Journal of Applied Management (JAM), 19(3), 489-496.

Rahardjo, B. &. (2021). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Perspektif Variabel Demografi. . Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 2(2), 1-10.

Rahmah, F., & Arsi, A. (2021). Pengaruh Iklan dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Sepatu Adidas. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 101(2), 37-46.

Rifai, M. &. (2020). Penerapan Desain Iklan Eksperimental pada Pengujian Efektivitas Iklan Produk Sampo. Jurnal Informatika Mulawarman, 15(2), 69-77.

Safitri, E., & Syafarudin, A. (2021). Perspektif Kritis dalam Penggunaan Sasaran Iklan Eksperimental dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 44-54.

Sayles, B., & Strauss, J. (2018). Experimental Advertising: Concept and Types. In E. M. Ramsey (Ed.), The Sage Encyclopedia of Advertising and Society (pp. 633-636). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sayuti, L. (2019). Desain Eksperimental pada Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Scheer, L. K., & Rutz, O. J. (2020). The Impact of Contextual Ambidexterity on the Performance of Experimental Advertising. Journal of Advertising, 49(1), 64-80.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Suharyono. (2018). Metodologi Penelitian Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Hal:189-191.

Suliyanto, S. (2018). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta.: Prenadamedia Group.

Suri, G., & Datta, B. (2017). Experimental Advertising: A New Avenue in Advertising Research. Journal of Marketing and Consumer Research, 31, 10-17.

Suryadi, A., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Sasaran Iklan Eksperimental dalam Penelitian Pemasaran: Perspektif Etika. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 28(2), 202-212.

Sutikno, E. (2018). Strategi Periklanan: Strategi Kreatif & Media. Jakarta: PT Penerbit Salemba Empat.

Tirta, A. W.-J.-4. (2020). Pengaruh Eksposur Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 9, no. 7, 4178-4207.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi. Halaman 206-207.

Wang, Q. (2018). The Advantages of Experimental Advertising in Building Brand Equity. International Journal of Business and Management, 13(11), 22-31.

Wilcox, K., & Stephen, A. T. (2012). Are close friends the enemy? Online social networks, self-esteem, and self-control. Journal of Consumer Research, 40(1), 90-103.

Wulandari, W. D., & Asmani, A. D. (2021). Etika Eksperimen Iklan di Indonesia. Jurnal Komunikasi, vol. 13, no. 1, 1-13.

Yu, J., & Lee, J. (2018). How Does the Experience of Experimental Advertising Affect Brand Attitudes and Purchase Intentions? The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Image. Yu, J., & Lee, J. (2018). How Does the Experience of Experimental Advertising Affect Brand Attitudes and Purchase Intentions? The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Image. Journal of Promotion Management, 24(6), 747-765., 747-765.

Yusuf, A. M. (2020). Pengaruh Pengalaman Hidup terhadap Respon Konsumen terhadap Iklan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(2), 144-152.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh