ANALISIS KOGNISI DAN REPRESENTASI VISUAL PADA PERUBAHAN LOGO GARUDA INDONESIA TERHADAP BRAND AWARENESS DI MASYARAKAT

Vivi Varlina(1*), Saniyyah Muthmainnah(2),

(1) Universitas Pertamina
(2) Universitas Pertamina
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i2.45196

Abstract


Logo merupakan wajah perusahaan. Logo dapat berubah seiring dengan tujuan dan target dari perusahaan. Beberapa perusahaan kerap melakukan perubahan pada logonya seiring dengan tujuan dan target perusahaan yang berbeda dalam suatu masa. Salah satu yang menarik adalah perubahan logo pada Maskapai Garuda Indonesia. Peneliti melakukan analisis perubahan logo dengan menggunakan teori kognitif visual dan representasi visual. Hasil analisis dikaitkan dengan cara-cara perusahaan dalam mengoptimalkan branding perusahaannya, serta bagaimana pengaruhnya pada tingkat brand awareness masyarakat. Studi menemukan bahwa perubahan logo perusahaan akan berdampak pada interpretasi, representasi atau proses pemaknaan masyarakat terhadap suatu perusahaan. Perubahan logo yang dilakukan oleh perusahaan juga akan berpengaruh terhadap branding dari perusahaan yang tersebar di masyarakat. 


Keywords


Logo; Merek; Kesadaran Merek; Kognitif Visual; Representasi Visual

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 295 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh