STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WHOOP CULTURE DALAM UPAYA PENINGKATAN BRANDING

Arya Dhifa Dhifa(1*), Jimy Rusdiyantoro Rusdiyantoro(2), Vikry Abdullah Rahiem(3),

(1) Universitas Pasundan Bandung
(2) Universitas Pasundan Bandung
(3) Universitas Pasundan Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.44984

Abstract


Komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merk yang dijual. Proses dimana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Komunikasi sebagai proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada penerima agar mampu memahami maksud pengirim. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori intregated marketing communication (IMC). Landasan teori merupakan dasar pembuatan unit analisis penelitian dan diperlukan untuk menganalisis serta menginterpretasikan data-data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan maka penelitian akan menggunakan 6 elemen dari Teori Intregated Marketing Communication. Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing, Public Relation and Publicity, dan Event and Experience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan branding pada brand whoop culture dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang baik dalam upaya peningkatan brandingnya. Implementasi dari penelitian ini adalah diharapkan untuk semakin meningkatkan strategi komunikasi dalam branding sehingga dapat meningkatkan kesan produk yang baik dan memuaskan di mata konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara langsung dan langsung ke lapangan untuk mencari fakta yang terjadi di lapangan dan melalui studi pustaka. Unit simplenya yaitu 5 informan kunci.


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Teori Intregated Marketing Communication, Branding

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sultra Rustan & Nurhakki Hakki, (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta : Deepublish

Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis, Alfabeta : Bandung.

Anholt, S. 2003. Brand New Justice. The Upside Of Global Branding, London: Butterworth- Heinemann

Belch, George E, dan Michael A. Belch. 2007. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Comminication Perspective. 8th edition.

Burhan, Bungin. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta : PT. Grafindo Persada

Burhan, Bungin. 2007. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi, Jakarta : Kencana

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cristina Widya Utami. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel. Modern), Jakarta : Salemba Empat

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony. 2017. Strategi Menaklukan Pasar Melalui

Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Encep Sudirjo dan Muhammad Nur Alif, 2021. Komunikasi dan Interaksi Sosial model komunikasi Aristoteles.

Gelder, S.V. 2005. Global brand strategy, London : Kogan Page

Kertajaya, Hermawan. 2004. Hermawan Kertajaya on Marketing Mix, Jakarta : Gramedia Pustaka.

Knapp, Duane E. 2001. The Brand Mindset, Yogyakarta : Penerbit Andi

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi ke 13, Jakarta : Erlangga

Landa, Robin. 2006. Designing Brand Experiences, Thomson Delmar Learning Lasswell. 1998. The Structure and Function of Communication in Society, New York : Institute For Religious and Social Studies

Moh, Toharudin. 2020. Buku Ajar Manajemen Kelas

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Onong, Uchjana, Effendy. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi

Percy, Larry. 2008. Straregic Integrated Marketing Communication 1 edition, Butterworth-Heinemann

Prof. DR. Lexy J. Moleong, 2018. M.A. Metodologi penelitian kualitatif., Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Prof. Dr. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuntitatif kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA

Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Schultz, D.E. and Schultz, H.F. 2004. IMC the next generation: five steps for delivering value and measuring returns using marketing communication, McGraw- Hill.

Schultz, D.E.& Bames, B.E. 1999. Strategic Brand communication Campaigns, Illionis : NTC Business Books.

Schram, W. (Ed.). (1954). The process and effects of mass communication, University of Illinois Press.

Susanto dan Hilmawan Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta : Mizan Publika Jakarta

Uyung Sulaksana, 2003. Teori Integrated marketing communications, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Sumber lainnya:

Eprints Universitas Muhamadiyah Surakarta “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Branding Hotel Lor In Syariah Surakarta”

http://eprints.ums.ac.id/48245/1/NaskNaskah%20Publikasi%20Ilmiah.pdf14 Februari 2022 12.00

Repository Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta “Strategi Komunikasi Pemasaran Falabelle Dalam Branding Di Instagram”

https://repository.upnvj.ac.id/15896/1/ABSTRAK.pdf

Februari 2022 14.30

Repository Universitas Komputer Indonesia “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Reclays Purnama Cipta Bandung Dalam Melakukan Proses Branding”

https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5423/ 16 Februari 2022 15.30


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh