PERANCANGAN FASILITAS PADA STUDIO VIDEOGRAFI (PODCAST) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMASARAN DIGITAL PRODUK KEPADA KONSUMEN

alvian fajar setiawan(1*), andrianto andrianto(2),

(1) telkom university
(2) telkom university
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.44789

Abstract


Eleven Outdoor merupakan perusahaan perlengkapan kegiatan outdoor asal Bandung, dengan produk yang dihasilkan sangat beragam mulai dari tas, sandal, jaket, kaos, topi, dompet, sarung tangan, sleeping bag hingga tenda untuk kegiatan outdoor ringan. Banyaknya pelanggan yang dimiliki oleh Eleven Outdoor memerlukan kegiatan komunikasi pemasaran yang dapat menjangkau semua pelanggan dan bagaimana strategi komunikasi pemasaran Eleven Outdoor dalam kegiatan pemasaran produknya. Jumlah pelanggan yang cukup banyak memerlukan pengkoordinasian strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Media sosial dapat menciptakan hubungan interaksi sosial antara pengguna dan menjadi jalur distribusi yang sesuai. Penggunaan video dalam bentuk podcast akan membantu pelaku usaha dalam menjangkau konsumennya lebih jauh lagi. Podcast yang baik tentu saja harus sesuai dengan tema yang digagas oleh pelaku usaha atau identitas brand yang didukung oleh fasilitas studio videografi yang sesuai dan baik. Berdasarkan fenomena tersebut penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus melalui survei, kuesioner dan pengamatan langsung yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan teori terkait. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan perancangan dalam upaya untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh desain produk fasilitas yang digunakan pada podcast dalam meningkatkan pemasaran produk eleven outdoor.


Keywords


media sosial, fasilitas, podcast

Full Text:

PDF

References


Bagaskara, J. H., & Setyowati, E. (2018). Pengaruh kualitas ruang terhadap efektivitas penggunaan ruang studio perancangan arsitektur.

Cahyadi, D. (2021). Aplikasi Data Antropometri pada Perancangan Produk Furnitur. CV Literasi Nusantara Abadi.

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.(diterjemahkan oleh: Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Delerue, Helene, Andreas M. Kaplan, and Michael Haenlein. 2012. “Social Media: Back to the Roots and Back to the Future.” Journal of Systems and Information Technology 14(2): 101–4.

Horbal, N., Naychuk-Khrushch, M.B., & Orlykova, B. (2017). Internet advertising: The specifi cs, tendencies of development and impact on sales. ECONTECHMOD: An International Quarterly Journal on Economics of Technology and Modelling Processes, 6(1), 37–46

Lefteri, Chris. 2014. Material for Design. London : Laurence King

Meng, Peter. 2005. Podcasting and Vodcasting. University of Missouri IAT Services White Paper.

Nurmianto, Eko. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi pertama. Jakarta: Guna Widya, 1996.

Palgunadi, Bram. "Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain." ITB: Bandung (2008).

Septiani, W., & Safitri, D. M. (2021). Desain Ruang Kerja yang Ergonomis. Nas Media Pustaka.

Shim, et al. 2007. “Podcasting for e-learning communication and delivery. Journal of Industrial Management & Data Systems, Vol. 107 No. 4. Emerald Group Publishing. Technology Students,” Proceedings of the Student Experience Conference, D.H.R. Spennemann & L. Burr (eds.), Sept. 5-7, 2005, pp. 59-71.

Walton, G., Childs, S., and Blenkinsopp, E. 2005. Using mobile technologies to give health students access to learning resources in the UK community setting,” Health Information and Libraries Journal, (22:2) pp. 51-65.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh