PENERAPAN MOTIF TRADISIONAL PAPUA PADA MEDIA BRANDING JUS MANGROVE ‘WAVIVIVEVAR’ TELUK BINTUNI – PAPUA BARAT

Anton Rimanang(1*), Mario Benedictus Nafurbenan(2),

(1) ASRD Modern School of Design Yogyakarta
(2) ASRD Modern School of Design Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i2.43957

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas produk minuman jus mangrove khas Teluk Bintuni agar lebih dikenal oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan. Tidak hanya sebagai penahan abrasi pada bibir pantai, masyarakat Teluk Bintuni memanfaatkan pohon mangrove atau Sonneratia Caseolaris, sebagai minuman jus yang menyehatkan. Dengan segala keterbatasannya masyarakat memproduksi jus mangrove dalam skala industri perumahan. Selain cara produksi yang masih sederhana, masyarakat Teluk Bintuni belum memahami pentingnya branding. Padahal, jus mangrove ini memiliki potensi pemasaran yang cukup bagus. Selain sebagai penghilang dahaga, jus mangrove bermanfaat bagi kesehatan. Melihat kondisi geografis Teluk Bintuni yang strategis, jus ini berpotensi menjadi oleh-oleh khas Teluk Bintuni. Untuk itu, perlu dibuat strategi branding yang baik. Sebagai minuman khas daerah Papua, maka secara visual, identitasnya harus dapat dikenali. Aktivitas branding ini akan diawali dengan penciptaan logobrand. Lalu untuk mengimplementasikan logobrand ke dalam produk, maka kemasan minuman pada botol plastik perlu dibuatkan desain label.

Data diperoleh dengan cara survey lapangan dan wawancara langsung dengan narasumber, kemudian dianalisa dan disusun dengan memadukan teori-teori desain komunikasi visual. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan awal bahwa dengan strategi branding yang baik, minuman jus Wavivivevar Teluk Bintuni ini dapat dikenal sebagai minuman khas daerah namun memiliki konsumen yang semakin luas. Hasil akhir penelitian ini merekomendasikan bahwa produk Jus Mangrove Wavivivevar layak untuk direbranding dengan memperhatikan strategi kreatif yang tepat.

 

Kata kunci: Jus Mangrove, Teluk Bintuni, Branding, Label Kemasan.

Keywords


Branding; Packaging Labels

Full Text:

PDF

References


Ahligizi.id. (2021, 19 Mei). Kandungan Gizi Berbagai Olahan Mangrove. Diakses pada 9 Mei 2022, dari https://ahligizi.id/blog/2021/05/19/kandungan-gizi-berbagai-olahan-mangrove/.

Ainurrofiqin, Mohammad. (2021). 99 Strategi Branding Di Era 4.0. Yogyakarta: Quadrant.

Banindro, Baskoro Suryo. (2020). Desain Packaging Sejarah, Material, Pola dan Aplikasi. Bantul: PB ISI Yogyakarta.

Bank Mandiri. (8 November 2015). Suku Asmat. Diakses pada 9 Mei 2022, dari https://twitter.com/bankmandiri/status/663340292104294400.

Beritapapua.id. (2020, 6 Januari). Hutan Mangrove di Kabupaten Teluk Bintuni. Diakses pada 9 Mei 2022, dari https://beritapapua.id/hutan-mangrove-di-kabupaten-teluk-bintuni/.

Enterprise, Jubilee. (2021). Instagram, Untuk Bisnis, Hobi, & Desain Grafis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Helianthusonfri, Jefferly. (2019). Tools For Social Media Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Klimchuck, Marianne Rosner, Krasovec Sandra A. (2006). Desain Packaging: Perencanaan Merek Produk Yang Berhasil Mulai Dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: The Millenium Edition. New York: Prentice Hall.

Kotler, Phillip, Gary Amstrong. (1996), Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall-International.

Linisehat.com. (2021, 27 Juli). Mengenal Pedada, Buah Mangrove Kaya Manfaat. Diakses pada 9 Mei 2022, dari https://linisehat.com/mengenal-pedada-buah-mangrove-kaya-manfaat/.

Sihombing, Danton. (2015). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh