PERANCANGAN MEDIA CAMPAIGN SAMPAH VISUAL BERBASIS ANIMASI 3D DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i1.43242
Abstract
Perancangan Media Campaign Sampah Visual berbasis 3d Animasi Dan Multimedia Interaktif, merupakan bentuk action dari mata kuliah animasi pada Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Rupa dan Desain. Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Perancangan ini bertujuan untuk membuat suatu media yang dapat membangun kesadaran tentang menjaga lingkungan khususnya ruang publik dan lingkungan hidup. Data yang dikumpulkan dalam perancangan ini berasal dari observasi lapangan, dokumentasi dan hasil kajian kepustakaan. Semua data terebut diolah melalui pendekatan analisis 5W+1H dan kualitatif, dan dilanjutkan pada proses perancangan dengan melalui berbagai tahapan dimulai dari penentuan konsep desain, sinopsis, storyboard, storyline, konsep visual, sketsa, modelling, digitalisasi, desain karakter hingga ke tahap mockup untuk melihat hasil akhir dari perancangan ini. Hasil dari perancangan ini berupa animasi 3d yang menjadi media utamanya, dikarenakan animasi memuat unsur visual yang nyata dan gerak sehingga para konsumen bisa lebih memahami ceritanya dan makna dari video tersebut. Sementara media pendukung berupa scan barcode untuk mempermudah akses menonton melalui perangkat elektronik, pada hasil uji coba terhadap beberapa responden, mayoritas menyukai animasi yang dibuat dan ceritanya mudah mereka pahami. Adapun beberapa media promosi yang dibuat berupa kaos, kinect, serta konten sosial media, dibuat sebagai cara memperkenalkan hasil dari perancangan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
dengan maya. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nugroho, W. B. (2011, Juli Kamis). Sampah Visual dan Sekitarnya. Retrieved September Kamis, 2022, from Kolom Sosiologi: http://kolomsosiologi.blogspot.com/2011/07/sampah-visual-di-sekitar-kita.html
Sumbo. (2014, September -). Reresik Sampah Visual. Retrieved September Kamis, 2022, from jogjadaily: https://jogjadaily.com/2014/07/reresik-sampah-visual-gerakan-menjaga-keistimewaan-ruang-publik-jogja/
Yuwono, R. F. (2014 ). EFEKTIVITAS IKLAN JAYANATA DI SURAT . JURNAL E-KOMUNIKASI , VOL 2. NO.1.
Article Metrics
Abstract view : 63 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh