VERNASANDEQ: PENCIPTAAN TIPOGRAFI VERNAKULAR TERINSPIRASI DARI PERAHU SANDEQ MANDAR DI SULAWESI BARAT

Nurabdiansyah Nurabdiansyah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v4i3.4321

Abstract


Ide dasar penciptaan ini adalah terkikisnya kepedulian generasi muda terhadap kekayaan budaya nusantara, dengan tipografi vernakular sebagai subjek dan perahu Sandeq Mandar sebagai sumber inspirasi penciptaan. Metode yang digunakan adalah mendesain ulang proses kerja tipografi vernakular dengan studi ikonik demi menampilkan keunikan proses tipografi vernakular sekaligus citra visual perahu Sandeq dalam sebuah typeface. Penciptaan tipografi yang terinspirasi dari tipografi vernakular sudah lazim dilakukan, tapi penciptaan tipografi yang mengadaptasi proses kerja penulisan nama perahu Sandeq Mandar belum pernah dilakukan sejauh ini. Berlandaskan ide dan sikap pandang kreatif, penciptaan ini mencoba menggugah desainer-desainer muda untuk merasakan keunikan karakter tipografi vernakular yang dikerjakan secara manual dan keistimewaan perahu Sandeq.

Mandar sebagai salah satu kekayaan budaya bahari nusantara. Melalui tipografi vernakular, para desainer muda berpeluang melatih craftmanship-nya dan menemukan celah kreatif baru dalam dunia desain dan tipografi, sedangkan melalui perahu Sandeq, para desainer muda dilatih untuk peduli pada berbagai kekayaan budaya nusantara dan menjadikannya sebagai inspirasi dalam menciptakan karyakarya desain komunikasi visual.

Penciptaan ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan Desain Komunikasi Visual khususnya tipografi dan menegaskan kemampuan ilmu DKV sebagai media untuk menjaga dan melestarikan budaya warisan nusantara khususnya perahu Sandeq Mandar.

Kata – kata Kunci : Tipografi vernakular, desain vernakular, Sandeq Mandar


Keywords


Vernacular typography, vernacular design, Sandeq Mandar

References


Alimuddin, Muhammad Ridwan. (2009). SANDEQ Perahu Tercepat Nusantara. Penerbit Ombak - Forum Studi Dokumentasi Sejarah Kebudayaan Mandar-Yayasan Ad-Daras Matakali. Yogyakarta.

Barrett, Terry. (2001). Making Art: Form and Meaning. McGraw-Hill. New York. Gissela. (2012) Perancangan Komunikasi Visual Huruf yang berkarakter Warung Tenda di Jakarta sebagai Salah Satu Huruf Vernakular Khas Indonesia. Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Lawson, Bryan. (2007). Bagaimana Cara Berpikir Desainer. Jalasutra. Yogyakarta.

Safanayong, Yongki. (2006) Desain Komunikasi Visual Terpadu, Jakarta: Arte Intermedia. Jakarta.

Sihombing, Danton, MFA. (2001). Tipografi dalam Dalam Desain Grafis, Jakarta: PT Gramedia. Jakarta.

Tabrani, Primadi. (2009). Bahasa Rupa. Kelir. Bandung. 2009

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual (Edisi Revisi). Jalasutra. Yogyakarta.

Yunianto, Ipung Kurniawan. (2012). Perancangan tipografi Lawung dengan pendekatan bentuk Canting & Folklore Kampung Batik Laweyan. ISI Yogyakarta.

Tim Penulis DKV ISI Yogyakarta. (2009). Irama Visual, Dari Toekang Reklame sampai Komunikator Visual. Jalasutra. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 337 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2017 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh