PERANCANGAN DESAIN UI (USER INTERFACE) PADA APLIKASI TAILON

Putri Wardatul Fu'adah(1*), Ayung Candra Padmasari(2),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendididkan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i1.42663

Abstract


Tailon Adalah aplikasi berbasis android yang dirancang agar memudahkan pelaku usaha pada bidang jasa jahit dalam menjalankan usahanya. aplikasi ini menyediakan fitur untuk pengguna mencari jasa jahit (penjahit) terdekat di lingkungannya dan fitur pendukung lainnya yang berkaitan dengan fashion. Tujuan perancangan aplikasi dalam penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan sesuatu yang baru dan mengetahui segala jenis faktor yang berpengaruh pada perancangan UI (User Interface) aplikasi yang dirancang. UI merupakan tampilan yang dirancang sedemikian rupa ke dalam bentuk visual tampilan, berdasarkan pengalaman pengguna atau apa yang pengguna rasakan ketika menggunakan suatu aplikasi atau sistem informasi yang dibuat. Dengan adanya pengimplementasian UI/UX desain, komponen desain dalam suatu web atau aplikasi menjadi lebih menarik dengan menggunakan beberapa elemen dalam teori intraksi manusia-komputer. Dihasilkan desain layout pada aplikasi ini dengan menggunakan metode dan teori dari interaksi manusia-komputer, membuat desain interface dengan menerapkan prinsip desain, dan menentukan model desain jaringan yang tepat, diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam menggunakan aplikasi.


Keywords


Aplikasi Tailon, Aplikasi Jasa, User Interface

Full Text:

PDF

References


Datya, A. I. (2019, October). Implementasi Elemen User Interactive (UI) Dan User Experience (UI) Dalam Perancangan Antarmuka Sistem Informasi E-Tourism Di Bali Berbasis Web. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 2).

Multazam, M., Paputungan, I. V., & Suranto, B. (2020). Perancangan user interface dan User experience pada placeplus menggunakan pendekatan user centered design. AUTOMATA, 1(2).

Mulyadi, B., & Teddyyana, A. (2019). Aplikasi Sistem Pemesanan Jasa Laundry (E-Laundry) Berbasis Android. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 48-57.

Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking. AUTOMATA, 2(2).

Saragih, S., Damanik, D., & Tumanggor, B. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Rumah Tangga Usaha Jahit Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 81-93.

Susilo, E., Wijaya, F. D., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan evaluasi user interface aplikasi smart grid berbasis mobile application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 7(2), 150-157.

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104-115.

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45-54.


Article Metrics

Abstract view : 800 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh