ANALISIS ILUSTRASI BUKU PEMBELAJARAN KARYA ESTERINA LASEPTA BERTEMA “BINATANG”

Trisni Maylinia(1*), Husni Mubarat(2), Aji Windu Viatra(3),

(1) Universitas Indo Global Mandiri Palembang
(2) Universitas Indo Global Mandiri Palembang
(3) Universitas Indo Global Mandiri Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i3.37966

Abstract


Anak Usia Dini memiliki usia sekitar 0-6 tahun disebut sebagai Golden Age. Pada masa keemasan tersebut, anak-anak usia dini mulai peka terhadap lingkungan sekitar dan mulai menyukai buku tematik terpadu yang di dalamnya mengandung unsur cerita dengan gambar-gambar lucu. Permasalahan seringkali terjadi, guru dan orang tua kurang memperhatikan media pembelajaran. Buku tematik terpadu yang banyak digunakan Paud/TK di Palembang adalah buku karya Esterina Lasepta bertema “Binatang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengetahui unsur-unsur ilustrasi pada buku tematik terpadu karya Esterina Lasepta bertema “Binatang” dengan analisis visual yang disertai dengan kritik serta teori-teori yang berkaitan dengan ilmu Desain Komunikasi Visual sebagai Problem Solvingnya. Metode penelitian yang dipakai yaitu, menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis visual secara deskriptif, dengan menggunakan Teori Ilustrasi, Teori Estetika, dan Teori Kreativitas Humanistik. Hasil penelitian anak-anak diperkenalkan mengetahui jenis dan organ tubuh hewan yang dapat mengembangkan perkembangan kognitif anak.  Kemampuan berkomunikasi anak dengan antar teman dapat mengembangkan bahasa lisan mereka. Selain itu, mampu meningkatkan fisik motorik halus dan kasar: seperti mewarnai, menggambar, menggunting dan melipat kertas, kegiatan bermain sambil belajar atau Loose Part, serta bermain di luar ruangan dengan esplorasi alam. Aspek yang dikembangkan melalui nilai-nilai agama bahwa hewan juga sebagai makhluk ciptaan Allah. Jalur-jalur pendidikan digunakan sebagai pembentuk moralitas. Serta anak-anak dilatih untuk tersenyum dan tawa bahagia sebagai perkembangan sosial emosional.


Keywords


Ilustrasi; Buku Tematik Terpadu; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Agung, L. (2017). Pengantar Sejarah dan Konsep Estetika. Yogyakarta: PT Kanisius.

Ayu, G. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Surakarta: Mitra Banua Kreasindo.

Effendi, A. K., Viatra, A. W., & Mubarat, H. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi “Just Do (Odle) It!” Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i1.592

Eva. (2020). Metode Dan Riset Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Gellens, S. R. (2014). Membangun Daya Pikir Otak (Ke-1). Jakarta Barat: Indeks.

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Marianto, M Dwi. (2019). Seni & Daya Hidup dalam Perspektif Quantum. Yogyakarta: Scritto Books dan BP ISI Yogyakarta.

Masnuna. (2018). Pengantar Ilustrasi. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Mubarat, & Ilhaq. (2021). Telaah Nirmana sebagai Proses Kreatif Dalam Dinamika Estetika Visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 125–139. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/397

Nofianti, R. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar dalam upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan. Jurnal Iliah Abdi Ilmu, 12(2), 112–118.

Patriansah Mukhsin, Sapitri Ria. (2022). Tanda Dalam Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat: Analisis Semiotika Peirce. Jurnal Demandia: Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, Vol.07 No.01.

Salam, Sofiyan. 2017. Seni Ilustrasi: Esensi - Sang Ilustrator - Lintasan - Penilaian. Makassar: Badan Penerbit UNM Universitas Negeri Makassar 2017.

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Siti, M. P. A. U. D. E. P. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Depok: PT Kharisma Putra Utama.

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta..

Yulianti, T. R. (2014). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id, 4(2252), 11–24. http://e journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569.


Article Metrics

Abstract view : 259 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh