REPRESENTASI METROSEKSUAL DALAM VIDEO MUSIK SEVENTEEN “THANKS”
(1) Universitas Telkom Bandung
(2) Universitas Telkom Bandung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.32883
Abstract
Video musik Thanks milik Seventeen ini menampilkan aktivitas sekelompok pria yang merupakan anggota Seventeen dari balik panggung sebagai pekerja industri musik. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana pria metroseksual digambarkan dalam video musik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semotika Charles Sanders Peirce berdasarkan trikotomi tanda berupa representamen (ikon, indeks, simbol), objek (qualisign, sinsign, legisign), dan interpretan (rhema, decisign, argumen). Pria metroseksual dalam video musik ini digambarkan sebagai pria yang berdandan, bersikap pemilih terhadap pakaian, mengikuti trend fashion, dan bekerja di industri musik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya aktivitas pria metroseksual yang biasanya diperuntukan untuk wanita dalam video musik. Tuntutan masyarakat dan pekerjaan merupakan penyebab hal ini terjadi dan membuat pria mau pun wanita dituntut untuk merawat diri. Maka, fenomena metroseksual muncul sebagai bentuk transisi dari maskulinitas tradisional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, H. (2012). My Life as Video
Music Director. PlotPoint Publishing.
Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2009).
Filsafat Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatama
Media.
Benjamin, J. (2018). Seventeen’s
“Thanks” Video Marks a Progressive Moment
for Men’s Beauty. Billboard.
https://assets.billboard.com/articles/columns/k
-town/8099607/seventeen-thanks-videoprogressive-moment-for-mens-beauty
Budiman, K. (2011). Semiotika Visual:
Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas. Jalasutra.
Bussey, K., & Bandura, A. (1999).
Social Cognitive TheBussey, Kay, and Albert
Bandura. 1999. “Social Cognitive Theory of
Gender Development and Differentiation.”
Psychological Review 106(4):676–713.ory of
Gender Development and Differentiation.
Psychological Review, 106(4), 676–713.
Crossman, A. (2019). Sociological
Definition of Popular Culture The History and
Genesis of Pop Culture. ThoughtCo.
https://www.thoughtco.com/popular-culturedefinition-3026453
Haf, F. (2020, June 9). Music Critic
Ffion Haf explores some of the reasons for
music videos following Tones and I’s ‘Dance
Monkey’ video reaching one billion views on
YouTube. Redbrick.
https://www.redbrick.me/the-importance-ofmusic-videos/
Hall, S. (1997). Representations:
Cultural Signifying and Practices. Sage
Publication.
Jung, S. (2011). Korean masculinity
and transcultural consumption. Hong Kong
University Press.
Kingssleeve. (2016). Men Style Coat
Blazer Jacket Layering.
http://kingssleeve.com/2016/12/23/jacketcoat-blazer-men-style-fashion/men-style-coatblazer-jacket-layering-1/
Kotler, P. (2005). According To
Kotler. PT Bhuana Ilmu Pelajar.
Mulyana, A. (2015). Gaya Hidup
Metroseksual Perspektif Komunikasi. PT Bumi
Aksara.
Nars. (2022). Radiant Creamy
Concealer.
https://www.narscosmetics.com/USA/radiantcreamy-concealer/999NACRCC0001.html
Park, J. (2021). How Do Kpop Idols
Have Perfect Skin? The Korean Guide.
https://thekoreanguide.com/how-do-kpopidols-have-perfect-skin/
Park, J. (2021). Why Do Korean Men
Wear Makeup? The Korean Guide.
https://thekoreanguide.com/why-do-koreanmen-wear-makeup/
Short, T. L. (2007). Peirce’s Theory of
Signs. Cambridge University Press.
Vera, N. (2020). Semiotika dalam
Riser Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 370 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh