REPRESENTASI METROSEKSUAL DALAM VIDEO MUSIK SEVENTEEN “THANKS”

Firda Raudhah Marsila(1*), Arie Prasetio(2),

(1) Universitas Telkom Bandung
(2) Universitas Telkom Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.32883

Abstract


Video musik Thanks milik Seventeen ini menampilkan aktivitas sekelompok pria yang merupakan anggota Seventeen dari balik panggung sebagai pekerja industri musik. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana pria metroseksual digambarkan dalam video musik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semotika Charles Sanders Peirce berdasarkan trikotomi tanda berupa representamen (ikon, indeks, simbol), objek (qualisign, sinsign, legisign), dan interpretan (rhema, decisign, argumen). Pria metroseksual dalam video musik ini digambarkan sebagai pria yang berdandan, bersikap pemilih terhadap pakaian, mengikuti trend fashion, dan bekerja di industri musik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya aktivitas pria metroseksual yang biasanya diperuntukan untuk wanita dalam video musik. Tuntutan masyarakat dan pekerjaan merupakan penyebab hal ini terjadi dan membuat pria mau pun wanita dituntut untuk merawat diri. Maka, fenomena metroseksual muncul sebagai bentuk transisi dari maskulinitas tradisional.


Keywords


Metroseksual, semiotika, video musik, Korean Wave, K-POP

Full Text:

PDF

References


Achmad, H. (2012). My Life as Video

Music Director. PlotPoint Publishing.

Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2009).

Filsafat Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatama

Media.

Benjamin, J. (2018). Seventeen’s

“Thanks” Video Marks a Progressive Moment

for Men’s Beauty. Billboard.

https://assets.billboard.com/articles/columns/k

-town/8099607/seventeen-thanks-videoprogressive-moment-for-mens-beauty

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual:

Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas. Jalasutra.

Bussey, K., & Bandura, A. (1999).

Social Cognitive TheBussey, Kay, and Albert

Bandura. 1999. “Social Cognitive Theory of

Gender Development and Differentiation.”

Psychological Review 106(4):676–713.ory of

Gender Development and Differentiation.

Psychological Review, 106(4), 676–713.

Crossman, A. (2019). Sociological

Definition of Popular Culture The History and

Genesis of Pop Culture. ThoughtCo.

https://www.thoughtco.com/popular-culturedefinition-3026453

Haf, F. (2020, June 9). Music Critic

Ffion Haf explores some of the reasons for

music videos following Tones and I’s ‘Dance

Monkey’ video reaching one billion views on

YouTube. Redbrick.

https://www.redbrick.me/the-importance-ofmusic-videos/

Hall, S. (1997). Representations:

Cultural Signifying and Practices. Sage

Publication.

Jung, S. (2011). Korean masculinity

and transcultural consumption. Hong Kong

University Press.

Kingssleeve. (2016). Men Style Coat

Blazer Jacket Layering.

http://kingssleeve.com/2016/12/23/jacketcoat-blazer-men-style-fashion/men-style-coatblazer-jacket-layering-1/

Kotler, P. (2005). According To

Kotler. PT Bhuana Ilmu Pelajar.

Mulyana, A. (2015). Gaya Hidup

Metroseksual Perspektif Komunikasi. PT Bumi

Aksara.

Nars. (2022). Radiant Creamy

Concealer.

https://www.narscosmetics.com/USA/radiantcreamy-concealer/999NACRCC0001.html

Park, J. (2021). How Do Kpop Idols

Have Perfect Skin? The Korean Guide.

https://thekoreanguide.com/how-do-kpopidols-have-perfect-skin/

Park, J. (2021). Why Do Korean Men

Wear Makeup? The Korean Guide.

https://thekoreanguide.com/why-do-koreanmen-wear-makeup/

Short, T. L. (2007). Peirce’s Theory of

Signs. Cambridge University Press.

Vera, N. (2020). Semiotika dalam

Riser Komunikasi. Ghalia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 292 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh