REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN “INTRODUCING IPHONE 13 | APPLE”)

Mohammad Restu Ardiansyah(1*), Arie Prasetio(2),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.31801

Abstract


Iklan “Introducing iPhone 13 | Apple” adalah iklan yang berisi pesan kontradiktif dimana perusahaan yang identik dengan kelas sosial atas justru memperlihatkan pekerja kurir sebagai representasi kelas sosial bawah. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui representasi tanda kelas sosial sekaligus mengetahui makna tanda kelas sosial secara keseluruhan pada iklan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika sosial Theo Van Leeuwen. Dalam menganalisis iklan tersebut, peneliti menggunakan empat dimensi semiotika sosial yaitu genre, style, modality, dan discourse. Dari dimensi genre, iklan ini dikemas sebagai video yang menceritakan perjuangan kurir di Barcelona. Dimensi style yang diperlihatkan menggambarkan kurir yang berpakaian kasual dan mengendarai motor tua. Melalui dimensi modality, iklan tidak seluruhnya mencerminkan realita, khususnya atribut yang dikenakan oleh kurir tersebut. Melalui dimensi discourse, wacana iklan ini yaitu membuat iklan yang berisi hegemoni melalui Ideological State Apparatus (ISA), yaitu memperkenalkan iPhone 13 dan membujuk kelas sosial bawah untuk membelinya agar Apple mendapatkan keuntungan lebih sekaligus merubah stigma Apple yang selalu diasosiasikan dengan kelas atas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu iklan tersebut merupakan bentuk hegemoni yang diciptakan Apple agar kelas sosial bawah dapat terbujuk untuk membeli produk mahal yang tidak mereka butuhkan, sehingga berpotensi menciptakan perilaku konsumtif di masyarakat kelas tersebut.

Kata kunci: iklan apple, kelas sosial, representasi, semiotika theo van leeuwen


Keywords


iklan apple, kelas sosial, representasi, semiotika theo van leeuwen

Full Text:

PDF

References


Car Museum. (2022). 1993 Honda Scoopy SH 75. 360carmuseum.Com. https://360carmuseum.com/en/museum/17/exhibit/887

Anand, A., Vessal, S. R., Rathi, K., & Ameen, N. (2021). Show me your mobile and I will tell you who you are. Journal of Retailing and Consumer Services, 63(July), 102657. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102657

Companies Market Cap. (2021). Largest Tech Companies by Market Cap. https://companiesmarketcap.com/tech/largest-tech-companies-by-market-cap/

Expatica. (2022). Minimum wage and average salary in Spain. Expatica.Com.

Getcircuit.com. (2021). How to be a Courier and Make Money (In-Depth Guide). https://getcircuit.com/route-planner/blog/how-to-be-a-courier

Job and Salary Abroad. (2021). Kurir Amerika Serikat. https://www.jobandsalaryabroad.com/id/usa/indonesian-courier-usa.html

Leeuwen, T. Van. (2005). Introducing Social Semiotics. Routledge.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000

Magnis-Suseno, F. (2005). Pemikiran Karl Marx: dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Manzilati, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Mobile Ecosystem Forum. (2020). Smartphone OS in 2019, by age group. Statista.Com.

https://www.statista.com/statistics/1133193/smartphone-os-by-age/

Mordor Intelligence. (2022). SPAIN COURIER, EXPRESS, AND PARCEL (CEP) MARKET (2022 - 2027). Mordorintelligence.Com. https://www.mordorintelligence.com/industry-reports/spain-courier-express-and-parcel-market

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Salary Explorer. (2022). Courier Average Salaries in Spain 2022. Salaryexplorer.Com. http://www.salaryexplorer.com/salary-survey.php?loc=203&loctype=1&job=20&jobtype=1

Shalihah, N. F. (2020). Hari Ini dalam Sejarah: Apple Inc Didirikan, Bagaimana Awal Mulanya? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/083000665/hari-ini-dalam-sejarah--apple-inc-didirikan-bagaimana-awal-mulanya

Slickdeals. (2018). iPhone Users Spend $101 Every Month on Tech Purchases, Nearly Double of Android Users. Prnewswire.Com. https://www.prnewswire.com/news-releases/iphone-users-spend-101-every-month-on-tech-purchases-nearly-double-of-android-users-according-to-a-survey-conducted-by-slickdeals-300739582.html?c=n

Statista. (2022a). Apple’s net income in the company’s fiscal years from 2005 to 2021. Statista.Com. https://www.statista.com/statistics/267728/apples-net-income-since-2005/

Statista. (2022b). Most preferred smartphone brands in Spain in 2021. Statista.Com. https://www.statista.com/forecasts/1275873/most-preferred-popular-smartphone-brands-in-spain

The Parking Motorcycle. (2022). HONDA SH. https://www.theparking-motorcycle.eu/used-motorcycles-detail/honda-sh/honda-scoopy-sh-75/IATIBKH.html

Thwaites, T., Davis, L., & Mules, W. (2009). Introducing Cultural and Media Studies : Sebuah Pendekatan Semiotik (1st ed.). Jalasutra.

Ulfa, R., & Marta, R. F. (2017). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Yayasan Nurul Ibad Jakarta Timur. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(02). https://doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.835


Article Metrics

Abstract view : 724 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh