Pemanfaatan Video Streaming sebagai Media Pemasaran pada Fitur Shopee Live

Adya Mulya Prajana(1*), Aisyi Syafikarani(2), Nisa Eka Nastiti(3),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i2.22651

Abstract


Perkembangan e-commerce pada saat ini semakin pesat. Dengan pasar Indonesia yang cukup besar menjadikan penyedia layanan e-commerce berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Shopee Live adalah sebuah fitur baru pada platform Shopee yang memungkinkan penjual untuk membuat sesi live streaming mempromosikan toko dan produk secara langsung kepada calon pembeli. Apabila diamati lebih lanjut video-video tersebut mempunyai karakteristik verbal dan visual yang dapat dibaca pola dan strateginya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji audio dan visual yang terdapat dalam rekaman video live streaming pada tab (putar ulang) Shopee Live. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan matrix SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat diadapatasi oleh para penjual yang memanfaatkan video streaming sebagai media pemasaran.


Keywords


e-commerce, video streaming, marketing media

Full Text:

PDF

References


Srisadono, Wahyu, (2018), Strategi Perusahaan E Commerce Membangun Brand Community di Media Sosial dalam Meningkatan Omset Penjualan.

Lia Kurniawati (2019), Pemanfaatan Teknologi Video Streaming Di LPP TVRI Jawa Barat

Belch, George E., Belch, Michael A., (2017), Advertising and Promotion an Integrated Marketing Communications Perspective- McGraw, Hill Education.

Sandra Ernst Moriarty, Sandra E., Wells, William, Mitchell, Nancy, (2015), Advertising & IMC principles and practice, Pearson

Setiawan, Agus, (2018) Metodologi Desain. Arttex.

Soewardikoen, Didit W. (2019), Metode penelitian Desain Komunikasi Visual, Penerbit PT Kanisius.

David, Fred R. (2009), Manajemen Strategis: Konsep. Edisi Keduabelas. Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat


Article Metrics

Abstract view : 2780 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh