PERANCANGAN GAME EDUKASI AKSARA LONTARA BERBASIS PERMAINAN KATA

Idhil Cahyo Diputera(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i2.21051

Abstract


Perancangan ini dilatarbelakangi oleh observasi penulis terhadap game-game edukasi Aksara Lontara. Masih banyak dari game edukasi tersebut yang masih menggunakan jenis permainan yang sederhana, seperti tebak kata ataupun tebak huruf, sehingga diperlukan jenis permainan baru yang lebih menarik. Metode perancangan yang digunakan penulis yaitu observasi terhadap beberapa game edukasi Aksara Lontara yang telah ada, kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan metode analisis SWOT dan metode analisis game. Hasil dari analisa tersebut kemudian dijadikan basis perancangan game dengan melihat bagian apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki baik dari segi mekanisme permainannya ataupun dari segi desain. Hasil dari perancangan tugas akhir ini yaitu berupa sebuah game edukasi Aksara Lontara berbasis permainan kata yang dapat dimainkan pada smartphone Android.


Keywords


Media Pembelajaran; Game; Aksara Lontara; Permainan Kata

Full Text:

PDF

References


Dondlinger, M.J. (2007). Educational Video Game Design: A Review of the Literature. Journal of Applied Educational Technology. 4 (1): 21-31.

Egenfeldt-Nielsen, S. (2007). Third Generation Educational Use of Computer Games. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia. 16 (3): 263-281.

Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of its Educational Effectiveness. Educational Technology & Society. 8 (2): 54-65.

Wikipedia. (30 Oktober 2018). Aksara Lontara. Diakses pada 30 Oktober 2018, dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Aksara_Lontara

Wolf, M.J. (2007). The Video Game Explosion. Westport, Connecticut: Greenwood Press.


Article Metrics

Abstract view : 261 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh