Analisis Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Album K-Pop (Studi Kasus : Weverse Shop – BTS)

Aisyi Syafikarani(1*),

(1) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19114

Abstract


Pertumbuhan internet yang sangat cepat telah mengubah beberapa produsen seperti BigHit Official Shop dalam menjalankan bisnisnya, mengubah cara dalam berkomunikasi serta berinteraksi dengan konsumen dan tentunya juga mengubah dalam perancangan strategi pemasarannya menuju ke arah digital marketing. Hal ini dapat dilihat dengan dirilisnya Weverse Shopsebagai aplikasi yang menyediakan merchandise, tiket konser, hingga album BTS. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganai strategi digital marketing aplikasi Weverse Shop dengan mengunakan matrix SWOT. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pencarian data dari studi literatur dan studi lapangan melalui dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan matrix SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BigHit Official Shop perlu menyusun strategi digital marketing dengan menghindari ancaman dan memperkecil kelemahan, serta strategi yang menyesuaikan dengan kekuatan dan peluang yang ada. Seperti memperkuat pangsa pasar, mengembangkan varian produk serta konten aplikasi Weverse Shop, serta menonjolkan keunggulan aplikasi dan kemudahan transaksi dalam memperoleh produk K-Pop official. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam perkembangan pemasaran, khususnya digital marketing dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pada masa kini.


Keywords


strategi, pemasaran, digital marketing, album K-Pop, Weverse Shop

Full Text:

PDF

References


Egsaugm. (2020, September 30). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Retrieved from EGSA: https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/

Pangestika, W. (2020, Januari 1). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Retrieved from Mekari: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Rahmadhanty, Alya. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Album Musik Korean Pop (Studi pada Penggemar Musik Korean Pop). OpenLibrary Telkom University

Miles, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Morissan. (2010). Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 4176 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh