KEMAMPUAN SISWA KELAS IX.1 SMPN 1 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG DALAM PEMBUATAN KARYA MOSAIK MENGGUNAKAN BAHAN ALAM

Muhammad Ridwan Ahmad S(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.14094

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas IX.1

SMPN 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang dalam proses berkarya mosaik menggunakan bahan kulit jagung yang diwarnai, (2) Apa kendala dan faktor pendukung yang dihadapai siswa dalam  proses  pembuatan  karya  mosaik  menggunakan  bahan  kulit  jagung  yang  diwarnai. Penelitian   ini   merupakan   penelitian   evaluatif,   menggunakan   metode   observasi,   tes, wawancara, dan dokumentasi. Objek yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMPN 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan siswa dalam membuat karya mosaik menggunakan bahan kulit jagung yang diwarnai berada pada ketegori kurang. (2) Kendala yang dihadapi siswa disebabkan karena kurangnya perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kurangnya penguasaan siswa dalam aspek teknik penempelan. (3) Faktor pendukung keberhasilan siswa di  antaranya ketersediaan fasilitas ruangan yang terbilang memadai, alat dan bahan  yang digunakan dalam proses  berkarya mosaik mudah didapat dan terjangkau khususnya kertas gambar dan kulit jagung serta pewarna makanan.


Keywords


Kemampuan; Karya; Mosaik; Bahan Alam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Badudu dan Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Garha, Oho. 1978. Pendidikan Kesenian Seni Rupa II. Bandung: Rosda Offset.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

antum, S. 2014. Penelitian Evaluatif Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Agtitech Vol 4.

Manurung, Jintar dan Baginda Sarati. 1976.

Apresiasi Seni. Medan: Fakultas Keguruan Sastra - Seni IKIP Medan.

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

M Sinaga, Anggiat, Sri Hadiati. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Indonesia.

Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salam, Sofyan. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sachari, Agus. 2004. Seni Rupa dan Desain SMA Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Somaatmadja, Sadikin. 1989. Proses Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 1. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Edisi 1: Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh