KAJIAN PERKEMBANGAN DESAIN GERABAH MELALUI PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA: Studi Kasus pada Gerabah di Takalar

Irfan Irfan(1*), Yabu M(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v5i3.14092

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif yang dilakukan di Kabupaten Takalar pada dua wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Pattallassang dan Kecamatan Mappakasunggu. Sasaran kajian difokuskan pada produk gerabah dan para perajin pada dua wilayah yang ditetapkan dalam penelitian ini. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersumber dari data primer, yakni: terdiri dari objek/benda gerabah (gerabah tradisional, gerabah transisi, dan gerabah modern). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi lapangan, dokumentasi dan rekaman visual, dokumentasi dan pengamatan, serta wawancara dengan pengrajin dan narasumber yang dianggap relevan. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Ketiga komponen analisis tersebut aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi perkembangan bentuk dari tradisional ke transisi dan selanjutnya ke arah modern; (2) Gerabah tradisional cenderung terbatas pada bentuk-bentuk yang diwarisi, jenis produk cenderung monoton, fungsinya terbatas pada kebutuhan dapur; (3) Gerabah transisi lebih berorientasi pada perkembangan fungsi dan pemberian motif hias; (4) Gerabah modern memiliki fungsi yang lebih kompleks (fungsi hias dengan fungsi pakai dipadukan), fungsinya telah berkembang untuk keperluan souvenir; (5) Dari segi hiasan, terjadi perkembangan yang lebih kompleks pada gerabah transisi dan pada gerabah modern.


Keywords


Perkembangan; desain; gerabah; sosial; budaya

Full Text:

PDF

References


Departemen Perindustrian, 1997. Proses Pembuatan Keramik Rumah Tangga, Bandung: Badan Penelitian dan pengembangan Industri Keramik.

Hartomo, Anton J., 1994. Mengenal Keramik Modern, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

Irfan, 2004. Perkembangan Desain Gerabah Jipang Kabupaten Gowa dalam Konteks Perubahan Sosial Budaya Masyarakatnya, Tesis Magister Bidang Desain, Pascasarjana, ITB.

Miles, M.B. dan Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif, (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi), Jakarta: (UI-PRESS).

Miyazaki, Kiyoshi, 2001. Desain Jepang: Karakteristik kriya dan desain, Makalah Pertama untuk Seri Seminar “Mencermati Desain Jepan”, Bandung, FSRD-ITB INDDES, 4 Juli 2001.

Moeliono, Anton M., dkk., 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka.

Natas, 2001. Pengenalan Keramik, petunjuk Praktis Mengenai Teknik dan Material, Bandung, Indy Label, Edisi Pertama.

¬¬¬¬Sakti, Sri Marhaen, dkk., 1996. Studi Deskriktif tentang Kerajinan Keramik di Pattallassang Kabupaten Takalar, (Laporan Penelitian) Makassar: Lembaga Penelitian IKIP Ujung Pandang.

Saleh, I.A., 1991. Industri Kecil (Sebuah Tinjauan dan Perbandingan), Jakarta: LP3ES.

Sumaatmadja, N., 1998. Manusia dalam Konteks Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: CV Alfabeta.

Widagdo, 1993. Desain Teori dan Praktek, Makalah Disampaikan pada Dies Natalis ke-34, Intitut Teknologi Bandung, Tgl. 15 Maret 1993, hlm. 1.

Widihardjo, 1999. Pengembangan Kria melalui Pemberdayaan Masyarakat Perajin, Makalah pada Seminar Kria dan Rekayasa ITB, Bandung, 26 Novenber 1999.

Yasin Limpo, S., dkk., 1993. Profil Sejarah Budaya dan Pariwisata Daerah Tingkat II Gowa, Editor H.D. Mangemba dan Jufri Tenri Bali, Gowa: Pemda Tkt. II.


Article Metrics

Abstract view : 354 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2018 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh