LACA’ BADIK MAKASSAR: Suatu Studi Identifikasi Pakem (Laca’) Bentuk-Bentuk Badik Makassar

Lanta L(1*), Nurlina Syahrir(2), Dian Cahyadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i3.13013

Abstract


Penelitian ini ditujukan mengidentifikasi artefak hasil kebudayaan pada masyarakat dalam lingkup etnis Makassar terkait asal-usul, ragam bentuk, ciri khas (alat identifikasi) yang terbentuk dari hasil karsa produk kebudayaan tak benda. Identifikasi produk kebudayaan ditujukan untuk membuat batasan-batasan perimeter kebudyaan sebagai penciri. Metode membangun identitas ini ditujukan sebagai bentuk pertanggungjawaban komunitas adat terhadap bentukan karakter sifat dan sikap anggota komunitas kebudayaannya terhadap komunitas kebudayaan sekitarnya. Secara sosiologi adalah merupakan bentuk iklusi-eksklusi kebudayaan bagi komunita-komunitas kebudayaan pada entitas suku/etnis Makassar. Dimana karakter-karakter tersebut merupakan pengejewantahaan dari konsepsi nilai-nilai filosofi dan falsafah kebudayaan etnis Makassar yang terangkum dalam “Pangadereng”. Dengan melakukan identifikasi “Badik” sebagai salah satu produk artefak kebudayaan tak benda ditujukan untuk mengidentifikasi ragam bentuk (morfo) Badik yang dikaitkan dengan identitas kewilayahan. Tujuan lainnya adalah untuk mengungkap unsur dan aspek pembentuknya agar dapat diungkapkan sebagai materi pada kajian-kajian hasil seni tak benda secara antropoli/sosiologinya. Kemukakan masalah dan tujuan yang ingin dicapai serta target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rancana kegiatan yang diusulkan.

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan bentuk ‘Badik’ pada suku Makassar yang dikenal dengan berbagai ragam penamaan dan bentuknya, dengan memaparkan perbedaan-perbedaan tersebut dalam bentuk Infografis (poster) dan tinjauan aspek-aspek dan unsur-unsur pembentuknya (Tinjauan antropologi/Sosiologi Seni)

Hasil identifikasi penelitian ini adalah terdapat enam pakem/laca’ yang menjadi identifier locator kewilayahan pada etnis Makassar.


Keywords


pakem; bentuk; badik; Makassar; identitas wilayah

Full Text:

PDF

References


(t.thn.).

asienreisender. (2015). asienreisender. Dipetik 10 7, 2019, dari asienreisender: http://www.asienreisender.de/banchiang.html

Cahyadi, D. (2017). Morfologi Pola Bentuk Kawali Dalam Mengidentifikasi Senjata Khas Suku Bugis Berdasarkan Identitas Wilayah Dan Keterkaitannya. In Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM (Vol. 2, No. 1). . Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Cassirer, E. (1953). Language and Myth, trans. Susanne K. Langer, Harper and Brother, 1946. Cassirer E., Language and Myth, trans. Susanne K. Langer, Harper and Brother, 1946; New York: Dover Publications, 1953.: Dover Publications .

Dediarman. (2017, 10 20). Indonesiana-Plat Form Kebudayaan. Dipetik 10 7, 2019, dari kebudayaan.kemdikbud.go.id: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/menelusuri-tradisi-lisan-warisan-kebudayaan-dongson-dan-bacson-hoabinh-tradisi-lisan-dalam-ritual-asyeik-kerinci/

Dwiloka, B. ( 2005). teknik menulis karya ilmiah. penerbit rineka cipta.

Gorman, C., & Charoenwongsa, P. (1976). Ban Chiang: A Mosaic of Impressions form the First Two Years. Expedition.

Hariwijaya, 2. P. ( 2008). Proposal dan skripsi. Yogyakarta: Tugu Publisher. .

JN/BDY. (1998, 7 7). melayuonline. Dipetik 10 7, 2019, dari http://melayuonline.com: http://melayuonline.comculture?a=cW1SL29QTS9VenVwRnRCb20%3D=&l=badik

Juandi, Cahyadi, D., & Irfan. (2012). Pembuatan Video Dokumenter Jejak Badik Taeng. Laporan Tugas Akhir. Makassar: Prodi Desain Komunikasi Visual FSD UNM.

Melayu Online. (1998, 7 7). Dipetik 10 7, 2019, dari MelayuOnline.com: http://melayuonline.comculture?a=cW1SL29QTS9VenVwRnRCb20%3D=&l=badi

Moebirman. (1980). Keris Senjata Pusaka. Yayasan Sapta Karya.

Narwuko, j. D., & Suyanto, B. (2004). Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Nurdin, A. (2015). Komunikasi Magis Fenomena Dukun di Pedesaan. . LKIS.

PaEni, M. (2008, 12 24). Melayu-Bugis-Melayu dalam Arus Balik Sejarah. Jurnal ATL (Jurnal Pengetahuan dan Komunikasi Peneliti dan Pemerhati Tradisi Lisan) No. 1, Vol.1, Edisi IV.

Panofsky, E. (1962). STUDIES IN ICONOLOGY: HUMANISTIC THEMES IN THE ART OF THE RENAISSANCE. New York, : Harper Torchbooks.

Purnawati, S., & Siasni. (1993). Badik Sulawesi Selatan. Bagian Proyek. Ujung Pandang: Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman. Sulawesi Selatan.

Retno, D. (2019). Pusat Studi Sejarah #1 di Indonesia. Dipetik 10 7, 2019, dari sejarahlengkap.com: https://sejarahlengkap.com/pra-sejarah/zaman-logam-perunggu

Retno, D. (2019). sejarahlengkap. Dipetik 10 6, 2019, dari sejarahlengkap.com: https://sejarahlengkap.com/pra-sejarah/zaman-logam-perunggu

Ruwaidah. (2018). MAKNA BADIK BAGI MASYARAKAT SUKU BUGIS (Studi di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir). JOM FISIP Vol. 5 No. 1 , 1 - 14.

soekanto, s. (2009). sosiologi suatu pengantar edisi baru . soerjono soekanto 2009 sosiologi suatu pengantar edisi baru rajawali pers jakarta: soerjono soekanto 2009 sosiologi suatu pengantar edisi baru rajawali pers jakarta.

Sumantri, I., & Jaya, A. A. (2018). LUWU, TANAH BESI: PELAYARAN DAN TINGGALAN MATERIAL DALAM PRESPEKTIF GEOLOGI, ARKEOLOGI, DAN SEJARAH. http://repository.unhas.ac.id , 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 1021 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh