Redesain Visual Identity PSM Makassar

Baso Azwan Budiman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v7i2.12968

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk meredesain logo dan membuat komponen visual identity untuk Persatuan Sepakbola Makassar (PSM Makassar). Kumpulan data dalam perancangan diperoleh melalui studi pustaka, observasi, maupun wawancara kepada supporter, manajemen, dan pengamat sejarah Persatuan Sepakbola Makassar (PSM Makassar). Konsep desain yang diusung dalam perancangan kali ini adalah “Semangat Kejayaan”. Semangat kejayaan adalah suatu istilah yang menggambarkan mengenai suatu sikap dimana seseorang atau kelompok yang memiliki semangat dan ambisi dalam berjuang mencapai tujuannya serta memiliki tekad yang kokoh untuk terus berjuang demi mendapat kejayaannya. Seperti yang diketahui Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) adalah klub besar di Indonesia yang setiap musimnya selalu di perhitungkan di liga Indonesia bahkan di asia dan menjadi salah satu tim dengan prestasi paling stabil di liga Indonesia. Masa kejayaan PSM Makassar adalah saat menjadi juara liga Indonesia pada tahun 2000 dengan hasil yang sangat mengesankan hanya kalah 2 kali dari 31 pertandingan. Sementara di level internasional Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) tercatat 1 kali berlaga di Piala Winner Asia dan 3 kali mewakili indonesia di liga Champion Asia bahkan Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) pernah lolos ke perempat final liga Champion Asia pada tahun 2000. Sejarah tentang masa kejayaan Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) di masa lalu yang menginspirasi konsep desain yang di usung dengan harapan melalui perancangan kali ini dapat membuat Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) kembali ke masa kejayaannya atau bahkan bisa melampaui prestasi yang telah dicapai.


Keywords


Visual; Identity; Redesain; PSM Makassar.

Full Text:

PDF PDF

References


Cahyadi, D. (2016). PERANCANGAN TYPEFACE AKSARA LATIN BERDASARKAN AKSARA LONTARA BUGIS-MAKASSAR. Makassar: Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar .

Gaspar, R. (2018). Sepak bola The Indonesia Way Of Life. Jakarta: CV. Kawos Publising.

Hady Yuliartha, N. I. (2017). 1. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bali United Dalam Membangun Brand Image Sebagai Klub Sepak Bola Profesional . Bali: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana .

Kartika, Jessica D., R. (2015). Logo : Visual Asset Development. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kulle, D. (2019, March 24). PSM bagi warga Kota Makassar. (B. A. Budiman, Pewawancara)

Martono, M. N. (2019, April 8). Sejarah PSM Makassar. (B. A. Budiman, Pewawancara)

Permana, I. (2012). Brand Is Like a DOnut. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Priyanto, D. (2018). Perancangan Branding & Marchendise PSS Sleman. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Qosasih, A. (2018). Sepak bola The Indonesia Way Of Life. Jakarta: CV.Kawos Publishing.

S.H, M. N. (2019). Sejarah PSM Makassar. Makassar.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Scheunemann, T. (2018). Sepak bola The Indonesia Way Of Life. Jakarta: CV. Kawos Publising.

Surianto, R. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutton, A. (2018). Sepak bola The Indonesia Way Of Life. Jakarta: Cv. Kawos Publishing.

T, R. E. (2017). Perancangan Brand Identity Jalangkote Lahalede. Makassar: Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Uki, D. (2019, March 24). PSM bagi warga Kota Makassar. (B. A. Budiman, Pewawancara)

Wirawan, M. B. (2008). Kamus Brand A-Z. Jakarta: Red & White Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 296 times | PDF view : 9 times PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2020 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh