Self Regulated Learning, Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Keluarga pada Siswa SMA Selama Pandemi Covid 19

Andhita Dyah Pratitasari(1), Hardjono Hardjono(2), Pratista Arya Satwika(3*),

(1) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
(2) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
(3) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i2.23666

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap self regulated learning siswa selama masa pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini adalah 75  siswa SMA sebuah sekolah di Jakarta yang di rekrut dengan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning pada siswa SMA selama masa pandemi Covid-19. Secara parsial, juga ditemukan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan self regulated learning dan dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning. 

Keywords


self regulated learning, efikasi diri, dukungan sosial keluarga

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas Viii. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(1), 17–27. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364

Fatimah, S. (2019). Self-Regulated Learning and Prestasi Akademik Siswa Program Akselerasi Berdasarkan Jenis Kelamin. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 68–73. https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3243

Freddy, Lestari, S., & Prihartanti, N. (2021). Self-regulated learning sebagai mediator keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa SMA. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4321

Gestiardi, R., & Maryani, I. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7379

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20–30. https://doi.org/10.22146/bpsi.9843

Hikam, H. A. Al. (2021). Dulu PSBB Kini PPKM Darurat , Kilas Balik Pengetatan RI Selama Pandemi. Finance.Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5630239/dulu-psbb-kini-ppkm-darurat-kilas- balik-pengetatan-ri-selama-pandemi/1

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Janatin, M. (2015). Hubungan antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Ii Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Linasta, R. A. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA. Universitas Muhammadiyah Malang.

Merisa, A., Rahayu, P. E., & Nastasia, K. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Self Regulated Learning Siswa Smk. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 133–140. https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i2.956

Mulyana, E., Mujidin, M., & Bashori, K. (2015). Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self-Regulated Learning pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 165. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4480

Oktariani. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Kognisi Jurnal, 2(2), 98–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.2.2018.98-112

Putri, M. R. E. (2017). Hubungan antara Self-Regulated Learning dan Stres Akademik pada Mahasiswa [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/8332/1/121414071_full.pdf

Quesada-Pallarès, C., Sánchez-Martí, A., Ciraso-Calí, A., & Pineda-Herrero, P. (2019). Online vs. Classroom Learning: Examining Motivational and Self-Regulated Learning Strategies Among Vocational Education and Training Students. Frontiers in Psychology, 10(December). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02795

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Grasindo.

Theresya, J., Latifah, M., & Hernawati, N. (2018). The Effect of Parenting Style, Self-Efficacy, and Self Regulated Learning on Adolescents’ Academic Achievement. Journal of Child Development Studies, 3(1), 28. https://doi.org/10.29244/jcds.3.1.28-43

Yudha, A., & Nugroho, F. (2019). Self Regulated Learning Ditinjau Dari Efikasi Diri Siswa: Self Regulated Learning Reviewed From Student Self Effication. Jurnal Psikologi Jambi, 04(01), 25–29. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/8782

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview. Theory Into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102

Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.1.51


Article Metrics

Abstract view : 451 times | PDF view : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andhita Dyah Pratitasari, Hardjono Hardjono, Pratista Arya Satwika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731