Branding Produk Umkm Daster Sambung Sawitri melalui Media Digital

Agus Fatuh Widodo(1), Danissa Dyah Oktaviani(2*), Fadlilah Hanifah(3), Dhea Fildza Hadhira(4), Alifatul Izzah(5),

(1) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(2) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(3) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(4) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(5) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v1i1.33452

Abstract


Perkembangan teknologi dapat menyelesaikan persoalan ruang dan waktu. Pandemi covid 19 yang melanda dunia sejak Desember 2019 menimbulkan dampak ke berbagai sektor kehidupan. Salah satunya memunculkan masalah perekonomian. Adanya peraturan pembatasan sosial berskala besar membuat banyak pedagang yang tidak bisa menjual dagangannya. Banyak penjual menghentikan sementara pekerjaannya dan tidak sedikit pula yang akhirnya gulung tikar karena tidak bisa bertahan. Pengusaha UMKM Daster Sambung Sawitri merupakan salah satu pedagang yang dapat bertahan dengan segala keterbasan yang ada. Berdasarkan hal tersebut, UMKM ini dipilih untuk dilakukan pendampingan. Strategi yang digunakan untuk pengembangan UMKM ini adalah dengan Branding Produk. Metode yang digunakan sebagai aplikasi rencana branding dilakukan dengan cara observasi, identifikasi masalah, dan analisis pemecahan masalah. Setelah menemukan inti permasalahan dan solusi terbaik maka pelaksanaan pendamipingan dilakukan dengan serangkaian kegiatan, yaitu pembuatan nama dan logo produk baru, pembuatan foto iklan produk, pembuatan video iklan iklan produk, pembuatan tagwear, pembuatan nota custom, dan pembuatan banner. Strategi tersebut dilakukan dengan melihat sejarah perkembangan UMKM dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga dapat menaikkan mutu kehidupan usaha yang ditekuni.


Full Text:

PDF

References


Andi Amri. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap

Umkm Di Indonesia. Jurnal Brand

UMM Vol 2 No 1 (2020): Volume 2

Nomor 1 Juni 2020. Hal 123-130

Bambang Arianto. 2021. Pengembangan

UMKM Digital di Masa Pandemi

Covid-19. Jurnal Atrabis. Vol. 6 No. 2

Desember 2020 Hal 233-247

DOI: https://doi.org/10.38204/atrabis.

v6i2.512

Bambang D Prasetyo. 2020. Strategi Branding

Teori dan Perspektif Komunikasi dan Bisnis. Malang: UB Press.

Ghifari Yuristiadhi. Strategi Branding

Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Jurnal ETTISAL. Vol. 2, No. 2, Desember 2017 hal 31-41. http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v212.1265

Rachmawan Budiarto, dkk. 2015.

Pengembangan UMKM: Antara

Konseptual dan Pengalaman Praktis.

Yogyakarta: UGM Press

Sri Dewi Setiawati. Strategi Membangun

Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro

Kecil Menengah. Jurnal Jurnal

Abdimas BSI vol. 2 No. 1 Februari

, Hal. 125 -136

Sudati Nur Sarfiah, dkk. 2019. UMKM

Sebagai Pilar Membangun Ekonomi

Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi

Pembangunan Vol 4 No 2 137-146

Wan laura Hardilawati. 2020. Strategi

Bertahan UMKM di Tengah Pandemi

Covid-19. Jurnal Akutansi dan

Ekonomika. Vol. 10 No. 1 Juni 2020

Halaman 89-98


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by